Vaksinasi Massal di Konawe Bertabur Jenderal Bintang Satu dan Dua

KENDARIPOS.CO.ID — Vaksinasi massal yang digelar alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 1999 di Konawe sangat istimewa. Tiga jenderal TNI dan Polri hadir di daerah berjuluk lumbung beras Sultra tersebut dalam rangka memantau jalannya vaksinasi massal alumni Akabri 1999 secara serentak di 34 provinsi se-Indonesia.

Tiga jenderal itu adalah Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, Wakapolda Brigjen pol Waris Agono dan Danrem 143 Halu Oleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan. Kedatangan tiga jenderal itu disambut hangat Bupati Kery Saiful Konggoasa kantor Pemkab Konawe, Rabu (20/10).

Bupati Konawe Kery S.Konggoasa (tiga dari kanan) menjamu tiga tamu istimewanya yang hadir dalam vaksinasi massal yang digelar Akbari 1999 Peduli. Tiga tamu istimewa itu adalah tiga jenderal. Mereka adalah Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya (tiga dari kiri), Wakapolda Brigjen Pol Waris Agono (kanan) dan Danrem 143 Halu Oleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan (dua dari kanan). ADI HIDAYAT / KENDARI POS

Vaksinasi massal yang diinisiasi alumni Akabri 1999 tersebut didukung Pemkab Konawe. Tenaga kesehatan (nakes) pemkab Konawe dikerahkan sebagai vaksinator memback-up tim medis yang diterjunkan dari pihak kepolisian. Pelataran kantor pemkab Konawe disulap menjadi gerai-gerai vaksin untuk melayani warga yang lulus uji screening dan dinyatakan layak menerima suntik vaksin Covid-19.

Pengamatan Kendari Pos, antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam mengikuti giat vaksinasi Covid-19 di kantor pemkab Konawe tersebut. Ribuan warga tampak berduyun-duyun dan memadati gerai vaksin yang disediakan oleh panitia penyelenggara. Mulai dari pelajar hingga masyarakat umum ikut di dalamnya.

Giat vaksinasi Covid-19 kali ini begitu istimewa lantaran bertabur hadiah. Panitia menyiapkan door prize berupa satu unit sepeda motor merk Yamaha Byson serta dua ekor sapi. Syaratnya, warga diwajibkan menjadi peserta suntik vaksin, entah itu penyuntikan perdana ataupun suntik vaksin untuk dosis kedua.

Usai divaksin oleh nakes, peserta bakal diberi kupon yang nantinya diundi oleh panitia. Kalau beruntung, warga bisa memboyong door prize maupun beberapa hadiah semisal televisi, kulkas, sepeda, handphone dan beberapa hadiah hiburan lainnya.

Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya melalui Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sultra AKBP Bambang Wijanarko S.IK mengatakan, kegiatan vaksinasi massal alumni Akabri 1999 dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi se-Indonesia. Khusus di Sultra, helatan tersebut dipusatkan di kabupaten Konawe. Giat vaksinasi oleh alumni Akabri 1999 itu, lanjutnya, juga melibatkan 4 matra yakni TNI AD, TNI AL, TNI AU, serta Kepolisian.

“Target vaksinasi kita hari ini (kemarin, red) yaitu 2.000 orang. Selain penyuntikan vaksin, kita juga akan salurkan 2.500 paket sembako bagi warga terdampak pandemi di Sultra,” ujar AKBP Bambang Wijanarko S.IK yang juga alumni Akabri 1999 tersebut.

Sementara itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menuturkan, pemkab mendukung penuh terselenggaranya giat vaksinasi oleh alumni Akabri 1999. Dirinya mengapresiasi alumni Akabri 1999 yang bertugas di Sultra karena memilih Konawe sebagai pusat kegiatan vaksinasi. Bupati Kery tak sungkan memuji bahwa satu angkatan TNI/Polri saja yang menggelar giat vaksinasi sudah cukup membawa efek luar biasa dalam rangka menciptakan kekebalan komunal di masyarakat.

“Belum lagi kalau semua angkatan Akabri yang melakukan hal seperti ini, pasti luar biasa dampaknya. Harapan kami atas nama pemkab Konawe, semua masyarakat bisa terhindar dari paparan Covid-19. Caranya itu salah satunya dengan ikut suntik vaksin agar kekebalan tubuh semakin meningkat,” ujarnya, kemarin.

Bupati Kery Saiful Konggoasa menuturkan, pemkab saat ini juga tengah gencar-gencarnya memvaksinasi di tiap-tiap puskesmas se-Konawe. Pemkab pun bakal mulai intens berkunjung ke sekolah se-Konawe dalam rangka mengejar target vaksinasi bagi kaum pelajar, khususnya jenjang SMP dan SMA.

“Kita akan jemput bola. Saya sudah perintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) supaya berkoordinasi dengan para kepala sekolah (kasek) di kabupaten Konawe. Jadi kita akan datangi sekolahnya. Bisa besok atau lusa, intinya semakin cepat semakin bagus,” beber mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Bupati Kery Saiful Konggoasa menjamin stok vaksin Covid-19 masih mencukupi untuk mengakomodir para pelajar di Konawe yang belum divaksin. Khusus para pelajar, lanjutnya, vaksin jenis Pfizer sudah disiapkan sebanyak 10.000 dosis. Katanya, vaksin Covid-19 itu harus cepat dihabiskan, dalam artian vaksin tersebut tidak boleh disimpan terlalu lama karena dikhawatirkan bisa rusak.

“Ini vaksin yang bagus, Amerika punya. Sekarang kita kejar terus capaian vaksinasi. Laporan saat ini capaiannya baru 28 persen dari 76 persen total warga Konawe sasaran vaksinasi. Saya imbau masyarakat Konawe, utamanya para pelajar agar jangan takut divaksin,” pungkasnya. (adi/b).

Bupati Kery Menjamin Stok Vaksin Covid-19 Masih Cukup