Bupati Bombana Sediakan Asuransi Untuk 5.500 Nelayan – Kendari Pos
Bombana

Bupati Bombana Sediakan Asuransi Untuk 5.500 Nelayan

Bupati Bombana, H. Tafdil Menjamin Kelangsungan Hidup Nelayan

KENDARIPOS.CO.ID — Sense of social Bupati Bombana, H. Tafdil kepada nelayan di wilayahnya sangat tinggi. Dia menyadari profesi nelayan rentan akan kecelakaan laut, seperti hilang, tenggelam dan semacamnya. Bupati Tafdil pun menjamin kelangsungan hidup ribuan nelayan dengan menyediakan asuransi. Jaminan asuransi diyakini membuat nelayan merasa nyaman dan aman bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Tahun 2021 ini, Pemkab Bombana atas arahan Bupati Tafdil menyediakan asuransi untuk 5.500 nelayan. Menariknya, nelayan tak mesti merogoh kocek pribadi untuk membayar premi asuransi. Nelayan mendapat asuransi secara cuma-cuma atau gratis dari Pemkab Bombana yang bekerja sama dengan Jasindo. Anggaran asuransi sudah ditanggung APBD Kabupaten Bombana.

Bupati Bombana, H. Tafdil (lima dari kiri) secara simbolis menyerahkan kartu asuransi kepada salah satu nelayan yang berasal dari Kabaena. FOTO : HUMAS PEMKAB BOMBANA FOR KENDARI POS

Bupati Bombana, H. Tafdil mengungkapkan bahwa seluruh masyarakat Bombana harus diberikan kenyamanan dan rasa aman, khususnya dalam bekerja, termasuk nelayan. Terlebih lagi, profesi nelayan memiliki risiko kerja yang cukup besar. Untuk itulah Pemkab Bombana hadir menjamin kelangsungan hidup nelayan.

“Masyarakat kita itu banyak yang berprofesi sebagai nelayan, tapi tidak ada jaminan yang menanggung jika terjadi risiko saat bekerja atau melaut. Untuk itu, Pemkab hadir untuk melindungi mereka melalui pemberian asuransi,” ujar Bupati Tafdil kepada Kendari Pos, Rabu (13/10) kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Bombana, Sarif mengungkapkan pemberian asuransi ini sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan dan memberikan perlindungan kepada nelayan dalam beraktivitas penangkapan ikan di laut. “Program ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2019 silam. Untuk tahun 2021 ini, nelayan kita yang berhasil kita asuransikan sebanyak 5.500 orang,” ujar Sarif kepada Kendari Pos di ruang kerjanya, kemarin.

Lanjut dia, sebelumnya program asuransi nelayan ini bermula dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Namun, sejak berjalannya program tersebut, antusias nelayan mendapatkan asuransi tersebut sangat rendah. Pasalnya, program pemberian asuransi itu mengharuskan nelayan membayar sebesar Rp175.000 per tahun. “Dengan biaya itu mungkin ada beberapa nelayan yang merasa berat. Sehingga, program asuransi itu tidak begitu jalan, padahal asuransi bagi nelayan ini sangat penting. Untuk itulah, Bupati Bombana, H. Tafdil langsung berinisiatif memberikan asuransi secara gratis melalui APBD Kabupaten Bombana,” jelasnya.

Sarif menjelaskan, risiko kerja yang dijamin dalam asuransi itu diantaranya, kematian kecelakaan saat melaksanakan aktivitas di laut, cacat tetap, biaya pengobatan hingga meninggal karena sakit. Diakuinya, pemberian asuransi ini sangat dirasakan dampaknya positifnya oleh para nelayan di Bombana. Bahkan, tahun lalu, jumlah klaim yang dilakukan oleh nelayan yang telah terdaftar kurang lebih Rp1 miliar.

“Alhamdulillah, melalui asuransi yang diprogramkan Bupati Bombana, H.Tafdil ini sangat dirasakan manfaatnya oleh nelayan. Bahkan, para nelayan ini sudah tidak lagi merasa takut melaut sebab mereka ini sudah dilindungi melalui asuransi,” imbuhnya.

Sarif menyebutkan, program asuransi nelayan ini menyasar sekira 90 persen nelayan di Bombana. Anggaran yang dikeluarkan Pemkab Bombana dalam kurun setahun sekira Rp960 miliar. “Satu nelayan itu ditanggung asuransinya sebanyak Rp. 175.000. Jadi kalau ditotal nelayan kita yang mendapatkan asuransi ini sebanyak 5.500, maka kurang lebih Rp1 miliar uang yang dianggarkan Pemkab Bombana untuk asuransi ini,” bebernya.

Diakui Sarif, program asuransi nelayan gratis ini merupakan inisiatif dari Bupati Bombana, H. Tafdil selaku kepala daerah. Bupati Bombana dua periode itu terus berupaya memberikan kenyamanan untuk nelayan. Terlebih lagi, cukup banyak masyarakat Bombana menggantungkan hidupnya dari profesi nelayan ini. “Kalau di Sultra, hanya Kabupaten Bombana saja yang mengasuransikan nelayannya. Bahkan di Indonesia pun, hanya terdapat beberapa daerah yang melakukan hal yang serupa dengan Bombana,” pungkasnya. (idh/b)

Program Asuransi Nelayan Gratis Inisiatif Bupati Bombana

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy