KENDARIPOS.CO.ID — Untuk terus memberikan imun kepada siswa siswi di sekolah agar kebal terhadap godaan kejahatan Narkoba, BNNP Sultra memberikan Pelatihan Pengembangan Soft Skill.Sebanyak 20 guru SMKN 1 Kendari, dilatih untuk menjadi fasilitator (28-29/9).

Kegiatan pelatihan yang berlangsung di SMK N 1 Kendari. Foto: Sulis/Kendari Pos

Kemudian hari ke -3, Pada 30/9, lima diantaranya dipercaya membawakan materi yang diperoleh, kepada para siswa. Dalam praktik lima guru tersebut yang mengedukasi siswanya tentang bahaya narkoba,langsung dinilai oleh Indeks Ketahanan Di iri Remaja (DEKTARI AJA). Bagi yang lolos,mereka akan me jadi percontohan baik di sekolahnya.

Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sultra, Dra. Hj. Harmawati, M.Kes.,Apt, menyatakan, Pelatihan ini dilakukan guna memberikan pemahaman serta mengembangkan kemampuan yang aplikatif kepada pihak sekolah dalam menciptakan siswa yang adaptif dalam menolak penyalahgunaan narkoba. “Kegiatan ini juga akan memberikan kesempatan kepada pihak sekolah untuk semakin memperkuat nilai dan mutu anak didik, dalam menghadapi tantangan dan kemajuan teknologi. Hal lain dapat meningkatkan ketahanan diri anak remaja dalam mencegah bahaya penyalahgunaan narkotika,” paparnya.

Pelatihan ini mengacu kepada Surat Perintah Kepala BNN Prov. Sultra Nomor: Sprint/862/IX/Ka/ PC.00.03/2021/BNNP Tanggal 23 September 2021. Yakni tentang petugas pada kegiatan Pelatihan Pengembangan Softskill di SMKN 1 Kendari. Peserta kegiatan berjumlah 20 orang yang terdiri dari 5 guru yang ditunjuk pada pertemuan 1 dan 2 sebagai fasilitator dan 15 siswa SMKN 1 Kendari. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Seksi Pencegahan BNNP Sultra, dengan menerapkan Protokol Kesehatan yaitu: physical distancing, menggunakan Masker, hand sanitizer, mengukur suhu dengan termometer Infrared yang ketat demi menjaga penularan dan penyebaran Covid-19.(adv)