Penyemprotan cairan Disinfektan

KENDARIPOS.CO.ID– Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir terus menunjukan totalitas dalam penanganan pandemi. Tidak hanya mengerahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini turut membangun sinergitas dengan TNI-Polri, lembaga dan organisasi kemasyarakatan hingga Pramuka. Sejak pandemi, gerakan kepramukaan mulai dari tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) hingga tingkat Saka turut terlibat dalam penanganan Covid-19.

Gerakan pramuka di Kota Lulo lanjutnya, menjadi salah satu garda terdepan dalam penanganan Covid. Dengan semangat kemanusiaan, pramuka turun langsung di lapangan membantu pemerintah mempercepat penanganan wabah yang menyerang sistem pernapasan itu.

Penyemprotan Cairan Disinfektan

“Kita tidak boleh menyerah dengan Covid-19, kita dilahirkan sebagai orang yang tangguh yang siap menghadapi situasi dan tantangan apapun. Sebagai insan pramuka kita harus menyiapkan diri kita untuk merespon permintaan pertolongan kemanusiaan,” kata Sulkarnain yang juga Ketua Kwarcab Kota Kendari ini kemarin.

Belum lama ini, pihaknya bersama anggota Kwartir Daerah (Kwarda) Sultra dan Satgas turun langsung di lapangan untuk menyemprotkan cairan disinfektan dalam rangka sterilisasi wilayah dari wabah Covid-19. “Beberapa aksi teman-teman sangat membantu meringankan beban tugas pemerintah yang saat ini masih mengupayakan percepatan penanganan,” kata Sulkarnain.

Di sisi lain, ia meminta para kader penggerak agar bisa menjadi agen perubahan dilingkungannya. Misalnya, turut membantu pemerintah dalam mengingatkan masyarakat pentingnya mematuhi protokol kesehatan (pakai masker, cuci tangan, jaga jarak) atau paling tidak menajadi kader penggerak dilingkup keluarganya.

“Dalam melaksanakan tugas, saya minta para kader penggerak harus tetap menjaga kesehatan dan patuhi prokes. Yang terpenting juga mengutamakan keselamatan diri dan masyarakat,” kata Sulkarnain.
Wakil Ketua Kwarcab Kota Kendari, Marida mengungkapkan telah menggelar aksi pencegahan covid-19. Aksi pertama dilaksanakan di tiga titik, yakni jalan Tina Orima, pasar panjang dan bundaran stainless. Aksi berikutnya di pintu Gerbang Kota Kendari-Ranomeeto (Batas Kendari-Konawe Selatan).

Dalam aksinya, pihanya menyosialisasikan kepada masyarakat tentang cara mencuci tangan yang benar, penggunaan masker dengan baik, pengukuran suhu badan menggunakan alat thermo gun hingga pembagian masker kepada pejalan kaki dan pengendara. Selain itu, pihaknya juga melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa fasilitas umum seperti rumah ibadah, pasar, bilik Anjungan Tunai Mandiri (ATM), rumah warga dan pedagang kaki lima.

“Aksi ini diharapkan dapat memutus penularan Covid-19. Kami menghimbau kepada masyarakat Kota Kendari agar tetap di rumah selama wabah pandemi ini belum berakhir. Apabila terpaksa keluar rumah, kami ingatkan agar menggunakan masker dan sarung tangan,” kata Wakil Ketua Bidang Abidmas, Bela Negara dan Satuan Karya Pramuka. (b/ags)