DISKOMINFO BAUBAU FOR KENDARI POS
USUL BUDAYA : Wali Kota Baubau, AS Tamrin (kedua dari kanan) dalam kegiatan desiminasi informasi Benteng Wolio Buton yang digagas menjadi warisan budaya dunia.

KENDARIPOS.CO.ID– Menjadikan Benteng Keraton Wolio Buton agar diakui United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya dunia, digaungkan Wali Kota Baubau, H. AS Tamrin. Berbagai upaya dan tahapan telah dilakukan, bahkan telah mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat. Dalam merancang draf untuk diusulkan ke UNESCO, Tim Ahli telah dibentuk.

Ada Prof. Dr. Susanto Zuhdi, sejarawan Indonesia dan Prof. Hasan Efendy. “Tujuan pengusulan ke UNESCO itu tidak lain untuk menaikkan pamor Kota Baubau. Ini juga merupakan wujud penghargaan kita pada leluhur yang sudah meninggalkan warisan-warisan bernilai besar,” kata AS Tamrin, usai kegiatan desiminasi informasi Benteng Wolio Buton menjadi warisan budaya dunia UNESCO, Sabtu (16/10), seperti dirilis Diskominfo Kota Baubau.

Wali Kota dua periode ini sementara mengupayakan segala proses agar secepatnya Benteng Wolio bisa diakui organisasi internasional tersebut. “Peringkat nasional yang sudah kita peroleh dari Pemerintah Pusat, menjadi salah satu pelengkap sejumlah persyaratan lain untuk diusulkan ke UNESCO.

Prosesnya terus berjalan terus,” optimis Baubau-1 tersebut. AS Tamrin juga membuat kebijakan agar seluruh Dinas di lingkup Pemerintah Kota Baubau mendukung langkah-langkah percepatan itu. Termasuk mengukur kembali luasan benteng untuk menentukan kawasannya. (cok)