Kepala Dinkes Buteng, Kasman

KENDARIPOS.CO.ID– Kendati Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) intens mengedukasi warga untuk vaksin Covid-19, namun angka warga yang telah disuntik vaksin masih rendah. Hingga kini, jumlah penerima vaksin di Buteng baru mencapai 15.596. Jumlah itu baru 18,25 persen dari target vaksin sebanyak 85.438 jiwa.
Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinkes Buteng, Kasman saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (1/10).

“Target kita, 85.438 orang. Hanya saja, sampai saat ini jumlah penerima vaksin baru mencapai 15.596 orang. Kalau dikalkulasi, belum setengahnya dari target,” ujarnya.

Padahal, menurut Kasman sosialisasi vaksinasi terus dilakukan dengan baik dengan menyasar beberapa kalangan. Baik itu, pelayan publik, masyarakat umum, lansia, dan saat ini tengah digencarkan untuk vaksinasi remaja usia 12-17 tahun.

“Dari beberapa kalangan itu, yang paling tinggi adalah pelayan publik mencapai 93 persen. Sementara yang paling terendah para lansia,” bebernya. Meski begitu, kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin sudah mulai meningkat. Sebab beberapa pekan lalu, Buteng masih di posisi 16 dari 17 kabupaten/kota se-Sultra tingkat capaian vaksinasi. Saat ini, diposisi ke-13. “Kita masih lebih banyak dari Busel, Wakatobi, Buton, dan Konkep,” ucapnya.

Kasman mengungkapkan stok vaksin yang dimiliki saat ini masih tersedia lebih dari 2.000 dosis. Dirinya akan terus melakukan sosialisasi dan pendekatan terhadap masyarakat sehingga mereka tidak ragu divaksin.

“Harapan kami, program vaksinasi bisa berjalan sesuai apa yang kita harapkan. Apalagi ini demi kebaikan kita bersama demi terhindar dari penyakit virus Covid-19,” harapnya. (rud/b).