Bupati Buteng H. Samahuddin

KENDARIPOS.CO.ID– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) menyambut baik adanya pelayanan publik berbasis digital, aplikasi pelayanan terpadu (e-Pandu). Karena, memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan di Pengadilan Negeri Pasarwajo, Buton.

Hal ini disampaikan Bupati Buteng H. Samahuddin saat ditemuk wartawan Kendari Pos, Senin (11/10). Ia mengatakan sebelum adanya aplikasi e-Pandu, masyarakat Buteng yang ingin membutuhkan pelayanan di Pengadilan Negeri Pasarwajo harus ke Jabupaten Buton. Jarak yang jauh tentu sangat membebankan masyarakatnya.

“Jadi, masyarakat yang ingin membutuhkan pelayanan. Seperti, penahanan, penyitaan, penggeledahan, izin besuk dan petikan putusan bisa langsung diajukan lewat aplikasi e-Pandu tanpa harus mendatangi Kantor Pengadilan Negeri Pasarwajo,” ujar Samahuddin.

Suami Hj. Jusniar Samaahuddin mengingatkan masyarakat Buteng untuk menggunakan aplikasi e-Pandu agar pelayanan yang dibutuhkan bisa langsung diajukan lewat aplikasi tersebut. Tampa harus menyebrang lautan untuk sampai ke Buton.

“Begitu pula sebaliknya, pihak pengadilan bakal mengkonfirmasi lewat aplikasi e-Pandu juga,” kata Ketua DPC PDIP Buteng itu.

Sejauh ini, Samahuddin tengah menyosialisasikan program aplikasi e-Pandu kepada masyarakat agar penggunaannya bisa dimengerti. Sehingga masyarakat bisa langsung mengajukan apabila ingin membutuhkan pelayanan.

“Mungkin tidak semua masyarakat belum memahami aplikasi e-Pandu. Olehnya itu, lewat sosialisasi ini, masyarakat bisa mengerti dalam penggunaan aplikasi e-Pandu,” ungkapnya. (rud/b)