-32 Ribu Warga Metro Terima Bansos Covid

KENDARIPOS.CO.ID–Pemkot Kendari terus berinovasi dalam menghadirkan kemudahan bagi masyarakat. Baru-baru ini, Pemkot melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghadirkan aplikasi Bantuan Sosial Kota Kendari (Bakso). Aplikasi tersebut berfungsi untuk mencegah double data atau penerima ganda.

Kepala Dinas Kominfo Kendari, Mohammad Nur Rasak mengatakan kehadiran aplikasi Bakso sangat membantu pemerintah dalam menginventarisir warga yang akan menerima bantuan. Identitas penerima bantuan seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) di-review (periksa) tim Inspektorat.

“Kami pastikan tidak ada penerima ganda karena bisa terlacak lewat aplikasi. Seluruh masyarakat bisa mengaksesnya melalui Aplikasi Kendarikota.go.id yang bisa diunduh melalui Play Store atau mengakses link bakso.kendarikota.go.id,” kata Mohammad Nur Rasak, kemarin.

Aplikasi bakso lanjutnya, sukses mereduksi komplain masyarakat yang tidak puas karena tak mendapatkan bantuan. Pasalnya, warga bisa langsung mengecek statusnya sebagai penerima bansos melalui aplikasi tersebut. “Sekarang sudah tidak ada lagi keluhan soal bansos. Karena masyarakat bisa mengeceknya langsung melalui aplikasi. Bisa langsung mengawasi lewat aplikasi,” kata Rasak.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengapresiasi kehadiran aplikasi bakso. Menurutnya, aplikasi tersebut sangat membantu proses pendataan penerima bantuan Covid-19. “Perlu diingat dalam menyalurkan bantuan kita harus berhati-hati. Karena semua harus jelas pertanggungjawabannya. Hadirnya aplikasi ini tentu membuat data kita lebih rapi, tidak ada yang ganda, dan tentunya bisa tepat sasaran,” kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)