Pelaksana Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi, La Yijo

KENDARIPOS.CO.ID– Bagi masyarakat yang tersebar di Pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko, tidak perlu jauh-jauh ke Wangi-Wangi, ibu kota Wakatobi, untuk melakukan pengurusan dokumen kependudukan. Dalam waktu dekat ini, alat perekam kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) sudah akan didistribusi. Satu perangkat siap melayani masyarakat pada dua kecamatan.

Pelaksana Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi, La Yijo, menjelaskan, usulan pengadaan alat perekam KTP-el di anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2021, tidak ada pergesaran. Sehingga paling lambat Oktober ini, masing-masing alat tersebut sudah dapat diadakan untuk tiga pulau besar tersebut.

”Selain memersiapkan alat-alat pelayanan tersebut, kami juga akan membuka pelayanan jemput bola. Untuk mencapai target maka salah satu langkah yang harus kita lakukan adalah sistem mobile. Dalam waktu dekat ini kita akan buka pelayanan pada tiga pulau,” kata La Yijo, Jumat (8/10). Selain target KTP-el, pencetakan kartu identitas anak (KIA) juga sampai saat ini belum dipenuhi.

Jika KTP masih ada sebanyak 3 persen, KIA mencapai 5 persen lagi. Sehingga bisa capai target nasional sebesar 30 persen. Apalagi untuk kesiapan sumber daya manusia sudah ada di tiap-tiap kecamatan.
“Meskipun masih banyak tapi selama tiga bulan ini kita optimis bisa capai. Makanya selain buka pelayanan di kantor, kita juga akan melakukan pelayanan di tiga pulau dalam waktu dekat ini,” pungkasnya. (c/thy)