Kabag Ortala Setkab Koltim, Irwan

KENDARIPOS.CO.ID– Laporan akuntabilitas kinerja (Lakip) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) masih berada pada level CC atau nilai 53,68. Hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tersebut memberikan gambaran jika tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran masih rendah dan berkorelasi dengan capaian kinerja aparatur Pemkab Koltim.

Kabag Ortala Setkab Koltim, Irwan, membenarkan, hasil penilaian atas laporan akuntabilias kinerja Pemkab telah diterima dari KemenPAN-RB dengan predikat CC. Ada beberapa catatan yang diberikan untuk segera dibenahi Pemkab Koltim, agar lebih baik.

“Kalau tahun 2019, nilai Lakip Pemkab Koltim berkisar nilai 53,25. 2020 lalu nilainya 53,68 poin yang diterima tahun 2021. Beberapa catatan diberikan untuk meningkatkan kinerja dengan serapan anggaran yang sesuai,” kata Irwan, Minggu (3/10).

Mantan Kabid Pemdes pada DPMD Koltim itu mengatakan, capaian kinerja tersebut merupakan hasil kerja sama semua pihak untuk membangun daerah. Irwan berharap, sinergitas semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab dapat dimaksimalkan lagi untuk memperbaiki hasil Lakip dan memenuhi rekomendasi pihak Pemerintah Pusat melalui KemenPAN-RB tersebut.

“Kita berupaya terus setiap tahun agar akuntabilitas kinerja Pemkab Koltim bisa meningkat. Semoga tahun 2021 ini, naik lagi penilaiannya,” harap Irwan. (c/kus)