Bupati Buteng Samahuddin mengecek kondisi distribusi air di rumah warga, yang disambung dari sumber air bersih yang dibangun di Desa Madongka

KENDARIPOS.CO.ID– Fasilitas air bersih di Desa Madongka, Kecamatan Lakudo, Buton Tengah (Buteng) kini tersedia. Warga setempat tak perlu ke desa tetangga untuk memperoleh air bersih, pipa dari sumber air bersih tersambung ke rumah-rumah penduduk. Bupati Buteng Samahuddin mengecek kondisi pipa milik warga yang terhubung dengan fasilitas sumber air bersih, kemarin.

Suami Hj. Jusniar Samahuddin itu menyatakan dengan adanya air bersih, masyarakat Madongka tidak lagi harus jauh-jauh mengambil air bersih. Apalagi harus menggunakan perahu sampan maupun gerobak. Pasalnya, air bersih ini langsung terhubung di rumah-rumah warga.

“Sebelumnya, masyarakat Madongka harus menempuh jarak 1 kilo meter untuk mendapatkan air bersih. Sekarang, tidak akan lagi. Sebab, air bersih yang kami sediakan langsung mengalir di masing-masing rumah warga,” ujarnya.

Menurut ketua DPC PDI-Perjuangan Buteng tersebut menjelaskan kebutuhan air bersih sangat penting untuk warganya. Walaupun baru terealisasi, namun ini adalah janjinya untuk memudahkan masyarakat memperoleh air bersih.

“Kebutuhan yang paling dominan di masyarakat adalah air bersih. Jadi, air yang kita sediakan semoga bermanfaat bagi masyarakat. Yang jelas, kita bekerja untuk rakyat,” ulasnya.

Samahuddin juga mengingatkan masyarakat Madongka pada umumnya. Untuk menjaga fasilitas air bersih tetap terjaga. Seperti pipa dan semacamnya. Karena, kalau pipanya rusak pasti aliran air bersih akan terhambat pula.

“Mari kita jaga sama-sama fasilitas air bersih ini. Biar alirannya bisa lancar terus tanpa ada halangan apapun,” ungkapnya. (rud/c)