Pesawat tempur milik TNI


–Hari Ini HUT TNI, Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang

KENDARIPOS.CO.ID– Sejak lahir 5 Oktober 1945 hingga kini, sudah 76 tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjaga NKRI. TNI selalu berada digaris depan ketika bangsa ini dirongrong. Di saat usia negeri ini masih seumur jagung, pecah pemberontakan PKI tahun 1948 di Madiun. Tahun 1949, bangsa ini menghadapi agresi militer Belanda. Gangguan internal dan eksternal itu berhasil diredam kemanunggalan TNI dan rakyat.

Lagi-lagi TNI tampil di garda terdepan ketika pengkhianatan PKI tahun 1965. Belum lagi kiprah TNI menjaga keutuhan NKRI dari aksi GAM di Aceh dan KKB di Papua. Kiprah TNI tidak saja dalam urusan domestik, melainkan ikut menjaga perdamaian dunia menjadi pasukan pengamanan PBB di Afrika.

Hari ini, 5 Oktober, TNI berusia 76 tahun. Peringatan HUT TNI digelar secara terbatas karena masih situasi pandemi Covid-19. Prajurit TNI dari semua matra dan Pemprov Sultra mengikuti puncak perayaan HUT TNI secara virtual yang digelar Jakarta.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia mengatakan, peringatan HUT TNI tahun ini memiliki makna mendalam bahwa agar TNI terus bersatu dan berjuang untuk mencapai tujuan yang lebih baik. TNI akan selalu ada dan hadir di tengah rakyat dalam kondisi apapun, termasuk di tengah pandemi Covid-19.

TNI AL mendukung penuh program percepatan penanganan covid-19 yang digencarkan pemerintah. Salah satu bentuk dukungannya adalah melaksanakan serbuan vaksin bagi masyarakat pesisir, desa nelayan dan pelabuhan-pelabuhan.

“Terpenting, sinergisitas TNI dengan Polri harus selalu diutamakan dalam menunaikan tugas-tugas pengabdian kepada bangsa, negara dan rakyat,” ujar Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia kepada Kendari Pos, Senin (4/10) kemarin.

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengatakan eksistensi tentara dalam suatu negara adalah sebuah keniscayaan. “Bagi bangsa Indonesia, TNI yang lahir dari rakyat adalah tulang punggung tegaknya kedaulatan bangsa, yang akan terus manunggal bersama rakyat, bersatu dan berjuang bersama rakyat,” ujarnya kepada Kendari Pos usai penandatanganan MoU penanganan korupsi lintas lembaga di Claro Hotel Kendari , Senin kemarin.

Menjaga dan mengawal keamanan negara mutlak ditunaikan prajurit TNI dengan penuh tanggung jawab. Terlebih di tengah revolusi industri yang telah mempengaruhi transformasi teknologi militer.
“Sinergisitas kunci utama dalam meningkatkan keamanan daerah dan negara. Tema HUT ke-76 TNI, Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang harus menjadi diamalkan dalam setiap tugas TNI. Dirgahayu TNI,”ungkapnya.

Terpisah, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengatakan TNI akan terus berjaya di negeri ini, baik di darat, udara dan laut. “Tentu TNI harus terus mengingat pesan Panglima Jenderal Soedirman, bahwa tentara Indonesia bukanlah serdadu sewaan, melainkan prajurit yang berideologi,” ujarnya kepada Kendari Pos, kemarin.

Pemprov Sultra bekerja sama TNI dalam segala aspek pengabdian di daerah. Bukan hanya dalam penanganan pandemi Covid-19, namun juga TNI sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan wilayah Sultra. “Pemda di Sultra dan TNI bahu membahu membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan bersinergi menjaga keamanan daerah. Dirgahayu TNI, “pungkas Lukman Abunawas.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Kapolda Sultra), Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya mengatakan soliditas TNI dan Polri terus ditingkatkan dalam pengabdian kepada bangsa, negara dan rakyat sesuai tema HUT TNI tahun ini, Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Kami berharap kekompakan dan solidaritas TNI dan Polri terus terjaga. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, kita harus bersama membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 di Sultra,” ujar Kapolda Sultra, kemarin.

Soliditas dan kekompakan TNI dan Polri akan terus kokoh dan terjaga dalam menjaga NKRI dan terkhusus menjaga Bumi Sultra yang aman dan damai. Terus berkomitmen dan bekerja sama dalam penanganan pandemi covid-19. “TNI dan Polri akan terus membantu pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19 di Sultra. Semoga TNI akan terus berjaya dan semakin menjadi kebanggaan bagi ibu pertiwi. Dirgahayu TNI. Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang. NKRI harga mati. Salam Presisi,” ungkap Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya (ndi/b/rah/d)