Ketua Panitia Seleksi Penerima Gembira Cerdas, Musdalifah

KENDARIPOS.CO.ID–540 mahasiswa di Kabupaten Bombana yang mendaftarkan diri untuk memperoleh program beasiswa Gembira Cerdas tahap dua tahun 2021, dinyatakan lulus berkas. Jumlah itu, ditetapkan setelah melalui seleksi yang dilakukan oleh panitia seleksi (pansel) terhadap 565 pendaftar.

Ketua Panitia Seleksi Penerima Gembira Cerdas, Musdalifah mengungkapkan, pendaftaran beasiswa ini berakhir, 28 September lalu. Dari 565 pelamar, hanya 540 dinyatakan lulus berkas dan 25 orang dinyatakan gugur administrasi.

“Peserta yang tidak lulus ini disebabkan karena belum memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam penerimaan beasiswa Gembira Cerdas ini. Seperti, dua pelamar tidak memenuhi indeks prestais komulatif (IPK) 3,0. Selain itu, sembilan orang tidak melengkapi berkas yang diminta, satu orang semester sembilan dan dua orang lainya merupakan anak dari seorang PNS,” tuturnya.

Kuota beasiswa gembira cerdas tahap dua tahun 2021 itu sebanyak 500. Jumlah ini masih sama dengan kuota beasiswa Gembira Cerdas tahap satu. Aartinya, angka calon penerima beasiswa yang lulus berkas lebih besar dari kuota yang ada.

“Pelamar yang telah dinayatakan lulus berkas ini, bakal kembali diseleksi. 540 orang yang sudah kita nyatakan lulus berkas belum final atau berakhir verifikasinya. Namun, masih akan ada tahap seleksi selanjutnya yaitu verifikasi faktual lapangan dan validasi Perguruan Tinggi,” pungkasnya. (idh/b).