PEMKOT BAUBAU FOR KENDARI POS
SEMANGAT PEMUDA : Peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, kemarin di Baubau diisi dengan kegiatan pengarakan bendera merah putuh sepanjang 300 meter oleh pemuda yang mengenakan seragam putih-putih dan pakaian adat dari 33 daerah di Indonesia.

KENDARIPOS.CO.ID–Ada cara unik para pemuda di Kota Baubau memeringati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Kamis, kemarin. Mengenakan seragam putih-putih dan pakaian adat dari 33 daerah di Indonesia, ratusan pemuda berjalan mengitari Keraton Buton sambil mengibarkan bendera merah putih berukuran besar.

Sekretaris Kota (Sekot) Baubau, Roni Muhtar yang mewakili Wali Kota, AS Tamrin, mengapresiasi kolaborasi pemerintah bersama organisasi kepemudaan yang melahirkan ide brilian dalam memperingati hari sumpah pemuda itu.”Ini wujud kebanggaan dan penghargaan kita terhadap Sumpah Pemuda. Dengan tema Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh, mengisyaratkan semangat persatuan pemuda Indonesia dalam keragaman adat suku dan bahasa,” kata Roni Muhtar

Ia berharap peringatan Hari Sumpah itu menjadi momentum menumbuhkan kesadaran di kalangan pemuda, bahwa persatuan dan kesatuan sangatlah penting. Apalagi Kota Baubau kata dia memiliki dinamika politik yang berbeda dengan wilayah lain. “Dengan keterlibatan pemuda hari ini, spirit partisipasi yang besar mampu mendorong kebangkitan kita semua dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi, misalnya dengan semangat kewirausahaan,” paparnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau, Abdul Rahman, mengatakan, pengibaran bendera sepanjang 300 x 3 meter itu diikuti lintas sektoral. Ada unsur Forkopimda, Kapolres, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari, Dandim 1413 Buton, Letkol Arm. Muhammad Faozan, berbagai Organisasi Kepemudaan, pelajar serta masyarakat umum. “Ini semata-mata demi menumbuhkan rasa persatuan kita, satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa, bahwa kita sebagai Indonesia,” tegasnya.

Menurut Abdul Rahman, euforia peringatan hari Sumpah Pemuda sudah terasa sejak tanggal 24 hingga 28 Oktober kemarin. Dispora menggelar kegiatan Jambore dan Musrenbang Pemuda yang diisi dengan berbagai kegiatan kepemudaan. Ada workshop content creator, temu lintas pemuda, hunting objek wisata. Kegiatan itu berlangsung di hutan pinus Samparona dan puncaknya kemarin di Keraton Buton. (b/mel/ely)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.