ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
FOKUS BENAHI : Pembangunan jalan di Pulau Tomia melalui DAU tahun ini telah tuntas dikerjakan. 2022 mendatang, Pemkab Wakatobi masih akan fokus membangun jalan di Pulau Kaledupa dan Binongko.


KENDARIPOS.CO.ID– Rencana kerja prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi tahun 2022 mendatang masih memfokuskan pada peningkatan akses jalan di beberapa pulau. Aksesibilitas di Pulau Kaledupa dan Binongko masuk dalam program utama. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi, Kamaruddin, menegaskan, rencana pembangunan kantor bupati yang baru, dinilai belum mendesak.

“Sebagai kawasan pariwisata, Pak Bupati (Haliana) masih melihat banyak hal yang harus diperbaiki dan menjadi skala prioritas. Sehingga yang paling urgen adalah pembangunan jalan, utamanya di Pulau Kaledupa dan Binongko. Sehingga untuk tahun depan masih fokus ke jalan,” ulang Kamaruddin, menegaskan, Kamis (30/9).

Untuk Pulau Wangi-Wangi dan Tomia tentu tidak perlu dikhawatirkan lagi. Pasalnya, beberapa tahun terakhir ini pembanguan jalan untuk kedua pulau tersebut terus dilakukan melalui dukungan dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) serta dari program hibah jalan daerah (PHJD).

“Nanti kalau kegiatan pembangunan jalan ini selesai, barulah pekerjaan kantor bupati akan dilanjutkan,” tambah Kamaruddin. Untuk diketahui, pada tahun 2021 ini pembanguan jalan di Pulau Kaledupa mendapatkan alokasi dari DAK kurang lebih Rp 7 miliar untuk mengaspal sepanjang 6 kilometer.

Sementara di Pulau Binongko memeroleh kucuran anggaran dari DAK sebesar Rp 4 miliar dengan panjang jalan kurang lebih 3 kilometer. (c/thy)