(Muhammad Ilwanto/Kendari Pos)
Suasana pelaksanaan persiapan Asesmen Nasional beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID– Sebanyak 1.845 siswa SMP di Kota Kendari dijadwalkan mengikuti Asesmen Nasional hari ini (4/10). Kegiatan ini akan berlangsung hingga 7 Oktober, sesuai Juknis Kemendikbudristek RI.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dikmudora Kendari, Muchdar Alimin, M.Pd., mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan yang terkait dengan Asesmen Nasional.

“Berbagai persiapan yang dilakukan mulai dari simulasi sampai Gladi dua minggu sebelum Asesmen. Segala persiapan sudah sangat dioptimalkan,” ungkap Muchdar Alimin, Minggu (3/10).

Lanjut dia, Asesmen Nasional akan diikuti 1.845 siawa yang sudah dipilih langsung dari tim pusat melalui aplikasi. Mereka yang terpilih adalah perwakilan masing-masing sekolah.

“Setiap sekolah diwakili 40 orang plus lima cadangan dalam Asesmen Nasional. Adapun total SMP se-Kota Kendari mencapai 41 sekolah. Tentunya yang terpilih wajib mengikuti Asesmen, jika siswa tersebut berhalangan sakit bisa tidak mengikuti karena akan digantikan oleh cadangan yang telah disiapkan,” paparnya.

Dijelaskan bahwa Asesmen Nasional akan dilaksanakan dengan dua gelombang, dimana tahap pertama dimulai dari Senin-Selasa, dan tahap kedua Rabu-Kamis. Kebijakan ini diambil sesuai dengan arahan Kemendikbudristek.

“Dua gelombang ini untuk lebih meminimalisir terjadinya kesalahan sistem jaringan internet saat pelaksanaan Asesmen, jika dilakukan secara bersamaan. Namun umumnya sekolah mengikuti tahapan pertama, sementara tahap kedua diikuti sekolah yang tidak memiliki fasilitas lengkap,” jelasnya.

Asesmen tingkat SMP dilakukan selama dua hari, dimana hari pertama tentang literasi dan karakter, hari kedua numerasi dan lingkungan belajar.

Muchdar berharap, siswa bisa lebih rileks dalam mengikuti Asesmen Nasional, karena tidak akan mempengaruhi nilai mereka, baik rapor maupu ijazah. Asesmen ini hanya untuk menilai mutu dan kualitas pendidikan di setiap daerah.

“Mari kita sukseskan pelaksanaan Asesmen Nasional ini dengan baik, ikuti berbagai kegiatan sesuai dengan prosedur, serta selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran,” tandasnya. (ilw/b)