AKHIRMAN/KENDARI POS
SERTIFIKAT GRATIS : Wali Kota, AS Tamrin (kanan) saat menerima 22 sertifikat tanah milik Pemkot yang diserahkan Kepala Badan Pertanahan Nasional Kota Baubau, Asmanto Mesman (kiri).

KENDARIPOS.CO.ID– Dokumen kepemilikan tanah berupa sertifikat sangat penting untuk dimiliki. Itu bisa menjadi bukti sah atas hak sebidang tanah. Pemerintah Pusat membantu masyarakat dan Pemerintah Daerah dalam memeroleh sertifikat. Di Kota Baubau total sertifikat tanah yang dikeluarkan sebanyak 1.822 persil.

Kepala Badan Pertanahan Nasional Kota Baubau, Asmanto Mesman, mengatakan, keseluruhan sertifikat tersebut terbagi dua. Ada sertifikat tanah milik Pemkot sebanyak 22 objek dan untuk masyarakat 1.800 lahan. “Sebanyak 1.000 bidang sudah bisa kita serahkan secara simbolis, masing-masing satu orang tiap kelurahan. Tapi kita targetkan sebanyak 1.800 untuk sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). Sementara untuk Pemkot ada 22 sertifikat diserahkan,” ujarnya, kemarin.

Menurut Asmanto Mesman, penyerahan 1.000 sertifikat tanah PTSL di Kota Baubau tahun ini hanya untuk dua Kelurahan, Kadolokatapi dan Labalawa. “Labawala mendapatkan kurang lebih 464 bidang sertifikat. Kemudian Kelurahan Kadolokatapi itu sekitar 600 bidang. Seluruhnya sudah disiapkan dan kita akan serahkan ke kelurahan,” terangnya.

Asmanto Mesman menambahkan, pemberian sertifikat tanah tersebut merupakan program Pemerintah Pusat secara gratis. Adapun jika dikenakan biaya kemungkinan merupakan administrasi dari kelurahan itu sendiri. “Masing-masing KK untuk perumahan dibatasi lima bidang dan pertanian hingga 5 hektare. Kita targetkan bulan depan sudah tuntas semuanya. Jadi harapannya, 2021 semua target selesai tepat waktu,” pungkasnya. (c/ahi)