KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir akhirnya menunaikan janjinya untuk membantu perbaikan rumah korban puting beliung di Kelurahan Kadia. Kemarin, ia bekesempatan menyalurkan bantuan perbaikan (rehab) rumah kepada 8 warga setempat di Kantor Kecamatan Kadia.

Sulkarnain mengatakan, bantuan yang disalurkan merupakan bentuk kepedulian Pemkot Kendari terhadap warga yang tertimpa musibah. Adapun sumber dana perbaikan rumah warga berasal dari biaya tak terduga (BTT) yang telah dianggarkan tahun ini.

Pemberian bantuan sudah sesuai dengan mekanisme dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Yang mana, tertuang dalam UU Nomor 24 Tahun 2017 tentang penanggulangan bencana dan Pemenkeu nomor 105/PMK.05 tahun 2013 tentang mekanisme pelaksanaan anggaran penanggulangan bencana.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) menyerahkan bantuan rehab rumah kepada La Usman salah satu korban bencana puting beliung di Kelurahan Kadia kemarin. Bantuan yang disalurkan diharapkan bisa meringankan beban warga terdampak.

“Total penerima bantuan ada 8 KK (Kepala Keluarga). Setiap KK bervariasi jumlahnya. Mulai dari Rp 2,8 juta sampai paling tinggi Rp 19,1 juta. Atau tergantung dengan tingkat kerusakan dan kerugian yang dialami,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Sultra ini berharap, bantuan yang diberikan pemerintah bisa meringankan beban warga dalam memperbaiki huniannya yang rusak diterjang puting beliung. Pada kesempatan itu, ia pun berpesan kepada warga untuk tetap meningkatkan kewaspadaannya terhadap potensi puting beliung yang bisa terjadi kapan saja meningingat kondisi cuaca saat ini yang masih kurang bersahabat. (b/ags)