Tingkatkan Populasi, Sapi Divaksin dan IB

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
KESEHATAN HEWAN : Peternakan sapi di Desa Batu Ganda, Kecamatan Lasusua. Pihak Dinas Perkebunan dan Peternaka Kolut giat meningkatkan populasi ternak tersebut melalui program IB dan vaksinasi.

KENDARIPOS.CO.ID– Dalam kurun waktu sepekan ini, pihak Bidang Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terjun ke lapangan melakukan inseminasi buatan (IB) dan vaksinasi ternak sapi milik warga. Program tersebut rutin dilakukan setiap tahun untuk memastikan kondisi kesehatan dan mendorong peningkatan populasi hewan di Bumi Patowonua.

Proses inseminasi dilakukan dengan menyiapkan kandang jepit agar hewan tidak menjadi liar. Pihak Dinas Perkebunan dan Peternakan juga membantu proses melahirkan beberapa ekor sapi pada beberapa titik kegiatan. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa, menjelaskan, seluruh stafnya diterjunkan ke lapangan mendampingi utusan dari Dinas Hortikultura dan Peternakan Sultra untuk melakukan kegiatan tersebut. Sesuai laporan, setiap tahunnya minimal ada 100 ekor yang di IB.

“Semua kecamatan disasar karena harapan kami mengupayakan populasi sapi di Kolut terus meningkat,” ujarnya, Kamis (9/9). Usai IB dan vaksinasi dilakukan, para petugas intens memantau lebih lanjut untuk mengetahui perkembangan hewan. Ada beberapa manfaat inseminasi yang dijelaskan pada para peternak. Selain meningkatkan mutu genetik, juga menekan secara ekonomis karena tidak ada biaya pemeliharaan pejantan.

“Manfaat lain yakni dapat mencegah penularan penyakit kelamin, meningkatkan populasi ternak, persilangan ras dan mendorong produktifitas pertumbuhan yang lebih cepat. Harapan kami populasi hewan khususnya sapi di Kolut meningkat setiap tahun. Dalam setiap kesempatan inseminasi dan vaksinasi, seluruh staf di bidang terkait kami libatkan,” pungkas Ismail Mustafa. (c/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *