Kondisi Jalan di Konut, yang kini sedang dalam tahap pengerjaan


KENDARIPOS.CO.ID– Janji Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) untuk mere­alisasikan peningkatan ja­lan melalui pengaspalan pada sejumlah ruas, mulai ditunaikan. Terdapat tiga titik jalan yang kini semen­tara dalam proses penger­jaan. Diantaranya ruas Desa Panggulawu yang terhubung dengan Kelurahan Sawa.

“Bentangan panjang pen­gaspalan sekitar 2.400 me­ter yang sementara dikerja,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Konut, Ir. Majenud­din, didampingi Kabid Bina Marga, Alfian, Jumat (24/9).

Mantan akademisi pada sebuah Perguruan Tinggi di Kabupaten Konawe itu me­nyebut, ruas jalan kedua yang semen­tara dilakukan pengaspa­lan adalah pada jalur Desa Wawoluri menghubungkan UPT Tondowatu di Desa Punggulahi, Kecamatan Motui. Ke­mudian ketiga, ruas Polora Indah-Tobimeita, tembus ke Desa Sarimukti, Kecamatan Langgikima.

“Jalan yang ditingkatkan itu merupakan bagian dari komitmen Pemkab Konut dalam mewujudkan usulan masyarakat dibidang sarana dan prasarana. Pembangu­nan jalan ini sebagai ben­tuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan eko­nomi warga,” kata Majen­uddin. Pengerjaan tiga ruas jalan dialokasikan melalui dana alokasi khusus (DAK) APBD Konut 2021, dengan total anggaran sekitar Rp 16 miliar lebih.

Khusus pekerjaan jalan di Desa Panggulawu mu­lai dilaksanakan sejak April hingga Oktober 2021 ses­uai petunjuk teknis. Namun kondisi cuaca yang kurang bersahabat dalam beberapa minggu terakhir, membuat pekerjaan sempat terganggu. Meski demikian rekanan ter­us melanjutkan kegiatan den­gan memperhatikan kualitas pekerjaan sesuai standar yang telah ditetapkan

“Bila ter­dapat duiker yang rusak akibat alat berat yang melin­tas, itu akan tetap dilakukan perbaikan oleh rekanan,” tandas Majenuddin. (c/min)