KENDARIPOS.CO.ID– Telkomsel selaku Offi­cial Platinum Telco Partner PON XX Papua 2021, siap mendukung ketersediaan akses layanan telekomu­nikasi seluler berteknologi terdepan serta ragam pi­lihan produk dan layanan di momen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. 

Kesiapan yang juga dikolaborasikan bersama TelkomGroup, difokuskan dengan mematangkan berbagai upaya perenca­naan yang komprehensif melalui penyediaan in­frastruktur jaringan mau­pun jaminan ketersediaan layanan yang prima demi menghadirkan keandalan konektivitas dan layanan broadband selama ber­langsungnya acara pada 2-15 Oktober 2021.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, PON XX Papua 2021 merupak­an perhelatan ajang olah­raga nasional terbesar di Indonesia pertama yang digelar di tengah pan­demi sekaligus menjadi yang pertama dihelat di wilayah Indonesia bagian Timur. Sehingga, antu­sias seluruh pihak tentu sangat besar menyambut event ini. 

“Sebagai connectiv­ity enabler, Telkomsel berkomitmen untuk membuka peluang dan kesempatan yang lebih luas bagi para atlet, of­ficial, volunteer, pengun­jung, hingga masyarakat Papua dalam mendapat­kan akses jaringan komu­nikasi maupun layanan data melalui pemanfaatan teknologi broadband ter­depan dari Telkomsel un­tuk menikmati dan meng­abadikan pengalaman terbaik selama PON XX Papua 2021 berlangsung,” ujarnya. 

Infrastuktur jaringan broadband yang telah dipersiapkan Telkomsel di antaranya penambah­an 192 BTS 4G/LTE, pen­ingkatan kapasitas dan kualitas dengan mem­bangun sistem indoor di Stadion Lukas Enembe, pengoperasian tambah­an 12 Combat yang akan dimobilisasi di berbagai titik prioritas seperti tiga bandara, media center, PB PON, 31 hotel, 47 main venue, jalan protokol, dan lokasi wisata. 

Berbagai persiapan infrastruktur yang telah Telkomsel persiapkan sejak April 2021 tersebut merupakan langkah an­tisipasi terjadinya lon­jakan trafik layanan data dan kebutuhan layan­an komunikasi untuk mengabadikan keseruan selama perhelatan olah­raga nasional terbesar yang berlangsung di em­pat klaster utama, yaitu Kota Jayapura, Kabupat­en Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Selain itu, Telkomsel turut memastikan kes­ediaan pasokan energi listrik untuk BTS priori­tas dengan menyiagakan puluhan genset, pulu­han Support Catu Daya (SCD) Mobile, serta op­timalisasi kapasitas bat­erai di setiap BTS agar tetap dapat memberikan pelayanan dan jaringan yang optimal dan men­gantisipasi kemungki­nan selama gelaran ac­ara berlangsung. Seluruh kesiapan infrastruktur jaringan Telkomsel juga didukung dan berkoor­dinasi secara intensif dengan TelkomGroup guna mendapatkan akses layanan telekomunikasi yang prima. (rls/uli)