KENDARIPOS.CO.ID — Kerja keras Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) menangani Covid-19 di Bumi Oheo membuahkan hasil. Konut kini berada di level 1 dalam pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). “Alhamdulillah Konut turun level 1 alias zero covid. Ini berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 44 tahun 2021,” ujar Bupati Konut, Ruksamin, kemarin.

Ruksamin

Kendati berada di level 1 alias zero covid, Bupati Ruksamin enggan jemawa. Dia tetap menjaga wilayahnya dari “serangan” Covid-19. Bupati Ruksamin mengajak warganya untuk menyukseskan program vaksinasi. Sebab, dengan akselerasi vaksinasi, target Ruksamin untuk menciptakan herd immunity (kekebalan kelompok) terwujud. Menurutnya, melalui herd immunity, pandemi Covid-19 segera berlalu dari negeri ini.

Ketua DPW PBB Sultra itu mengatakan apabila vaksinasi telah mencapai 80 persen, kegiatan masyarakat sudah dapat dilonggarkan. “Untuk warga yang belum vaksin, mari kita bergegas untuk melakukan vaksin. Karena vaksin di Konut baru mencapai 66,96 persen. Bila sudah mencapai 80 persen kegiatan masyarakat sudah bisa kita laksanakan,” ungkap Bupati Ruksamin.

Bupati Konut dua periode mengapresiasi seluruh elemen masyarakat dan stakeholder yang terlibat dan taat pada upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 selama ini hingga mendapatkan hasil memuaskan. Ruksamin tak henti-hentinya mengajak seluruh komponen untuk senantiasa berada pada posisi zero covid-19. “Tentunya kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan tetap terus dijaga dimanapun aktivitas dilaksanakan,” pungkasnya. (min/c)

Apabila Vaksinasi 80 Persen, Kegiatan Masyarakat Dilonggarkan