Tak Patuh, Harusnya PT AMI Ditindak !

Syarifuddin Baso Rantegau.


KENDARIPOS.CO.ID– Manajemen PT Akar Mas Internasional (AMI) terus saja mengabaikan teguran pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari. Kendaraan pengangkut material tambang perusahaan tersebut masih saja melintasi jalan nasional meskipun belum mempunyai izin dispensasi dari BPJN XXI Kendari.

Sikap PT AMI yang enggan mematuhi teguran tersebut mendapat sorotan dari Wakil Ketua II DPRD Kolaka, Syarifuddin Baso Rantegau. Legislator PDIP tersebut meminta pada pimpinan PT AMI agar mematuhi teguran yang telah dilayangkan oleh BPJN.

“Teguran sudah diberikan. Seharusnya, PT AMI harus taati peraturan tersebut. Jangan malah melanggarnya,” tegasnya, Rabu (15/9). Pria yang karib disapa Haji Tontong tersebut mengaku, pihaknya tidak dapat berbuat banyak untuk menuntaskan persoalan tersebut. Sebab, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menindak.

“Kami sudah sampaikan keluhan warga terkait aktivitas PT AMI tersebut ke BPJN dan tim dari Pemerintah Provinsi Sultra sudah turun langsung melakukan pemantauan. Seharusnya, tim tersebut yang melakukan penindakan jika PT AMI memang masih melanggar,” tantangnya.

Untuk diketahui, PT AMI merupakan perusahaan yang sering disorot karena belum mengantongi izin dispensasi melintasi jalan nasional. Namun truk pengangkut material tambang nikel milik PT AMI tetap juga menggunakan akses publik di Desa Hakatutobu, Kecamatan Pomalaa. Akibat aktivitas PT AMI tersebut, jalan nasional yang dilintasi menjadi berlumpur dan licin sehingga membahayakan pengendara. (b/fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *