Susun Raperda Pengolahan Air Limbah Domestik – Kendari Pos
Bombana

Susun Raperda Pengolahan Air Limbah Domestik

Ir. Syahrun

KENDARIPOS.CO.ID– Pemerintah Kabupat­en (Pemkab) Bombana, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ru­ang (PUPR) menggagas regulasi yang mengatur tentang pengelolaan air limbah domestik. Tujuan­nya, mencegah pence­maran lingkungan serta mewujudkan lingkungan yang sehat, termasuk men­ingkatkan pendapatan asil daerah (PAD).

Regulasi yang merupa­kan inisiatif Kepala Dinas PUPR, Ir. Syahrun akan termuat dalam rancangan peraturan daerah (Rap­erda) yang diiringi dengan peraturan Instalasi Pengo­lahan Lumpur Tinja (IPLT). Raperda itu bertujuan menghindari pencema­ran air tanah, sungai dan sumber mata air lainnya yang bermuara pada pen­ingkatan derajat kesehatan masyarakat Bombana.

“Aturan tentang pengelo­laan air limbah ini sangat penting. Terlebih lagi, saat ini permukiman penduduk di Bombana, khususnya di ibukota semakin padat. Sehingga, perlu adanya aturan terkait ini, guna menjaga lingkungan tidak tercemar dengan air lim­bah ini,” tuturnya.

Saat ini Pemkab Bom­bana tidak memiliki dasar hukum yang jelas terkait kegiatan pengelolaan air limbah domestik, pada­hal aturan tersebut sangat penting guna menjaga ling­kungan tetap sehat. Diakui Sayhrun, Raperda pengelo­laan air limbah domestik masih sementara dalam tahap penyusunan bersa­ma dengan tim Balai Prasa­rana Permukiman Wilayah (BPPW) Sultra.

Penyusu­nan Raperda pengelolaan air limbah domestik yang saat ini tengah digodok bakal diiringi tentang pera­turan IPLT. Terlebih lagi, saat ini Pemkab Bombana telah memiliki alat insta­lasi pengolahanya. Namun, hal tersebut belum dioper­asikan sebab tidak adanya aturan yang mengaturnya. “Setelah perda air limbah ditetapkan, maka kita akan susun untuk pemungutan tarifnya, yakni, peraturan bupati,” imbuhnya.

Menurutnya, PAD dari Perda pengolahan air lim­bah domestik dan atu­ran dari IPLT ini sanagt besar. Sebab, kebutuhan akan instalasi pengolahan lumpur tinja ini sangat dibutuhkan masyarakat. Bahkan, saat ini ada be­berapa masyarakat di Bombana yang melakukan penyedotan lumpur tinjah mengambil jasa penyedo­tan dari Kendari.

“Peluang PAD nya sangat besar. Apalagi, kalau Per­danya sudah ditetapkan begitupun dengan Perbup IPLT, maka kami akan me­wajibkan seluruh safety tank untuk melakukan pe­nyedotan lumpur tinjahn­ya. Bahkan, permintaan masyarakat terkait berop­erasinya IPLT Bombana ini sangat tinggi,” tutupnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy