Stok 17 Ribu Ton, Cukup Hingga 2022

Muhammad Azikin

KENDARIPOS.CO.ID– Warga Kabupaten Kolaka tak perlu khawatir akan mengalami kekurangan bahan pangan. Stok beras yang tersedia saat ini jauh lebih banyak dibanding dengan kebutuhan warga. “Stok beras yang tersedia saat ini lebih dari 17 ribu ton. Sementara kebutuhan warga saat ini hanya 482 ton.

Dengan kondisi tersebut maka kebutuhan warga bisa dipenuhi hingga akhir tahun 2021 bahkan bisa sampai pada 2022 mendatang,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, Muhammad Azikin, saat ditemui, kemarin.
Kata Azikin, stok beras yang tersedia tersebut semuanya berasal dari Bumi Mekongga. Di otorita Bupati, Ahmad Safei tersebut, terdapat enam kecamatan yang merupakan penghasil beras

“Enam kecamatan tersebut mulai dari¬†Wolo, Samaturu, Latambaga, Wundulako, Baula hingga Watubangga. Dengan banyaknya produksi beras yang dihasilkan enam kecamatan tersebut maka kami tidak lagi mengimpor dari luar,” ujarnya.

Azikin menambahkan, kondisi cuaca juga ikut berkontribusi pada hasil panen di enam kecamatan tersebut. “Stok tersedia karena hasil panen juga maksimal. Sebab hujan masih terus berlangsung sehingga ketersediaan air cukup untuk masa tanam,” tandasnya. (c/fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *