Samrin

KENDARIPOS.CO.ID– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) akan menggelar pelaksanaan Seleksi Kom­petensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2021 mulai 5 hingga 9 Oktober 2021 mendatang di Gedung Kesenian Ke­camatan Mawasangka. Peserta diwajibkan mem­bawa hasil swab antigen Covid-19 dengan hasil non reaktif.

Kepala Badan Kepega­waian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buteng, Samrin menyatakan jadwal SKD sudah ditetapkan. Pelak­sananya dipastikan mener­apkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Katanya, sesuai intruksi Kemenpan RB syarat wajib untuk peserta SKD wajib membawa kartu ujian dan KTP.
Selain itu, Samrin juga menjelaskan peserta juga wajib menunjukkan survei deklarasi sehat yang did­ownload di masing-masing akun peserta. Yang diisi minimal 14 hari atau mak­simal 1 hari sebelum pelak­sanaan ujian.

“Tambahan untuk para peserta yakni menunjukan survei deklarasi sehat yang di download dari masing-masing akun peserta. Pe­serta wajib menggunakan masker dengan ketentuan­nya tiga lapis,” ucapnya.

Terkait teknis pelaksan­aan ujian SKD, Samrin me­nuturkan, Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Buteng telah mempersiapkan ru­angan bagi peserta CPNS. Baik itu yang peserta non reaktif maupun reaktif. Sehingga nantinya, apabi­la ada peserta terindikasi reaktif maka ada ruangan khusus yang telah disedia­kan oleh panitia.

“Kita telah menyiapkan sebanyak 135 PC untuk ujian SKD. 120 PC untuk yang utama, 10 cadangan dan 5 untuk peserta terpa­par Covid. Jadi, walaupun ada peserta yang reaktif maka terap mengikuti ujian berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan,” ucapnya.

Disisi lain, untuk me­mudahkan para peserta saat melakukan tes swab, Samrin menambahkan telah berkoordinasi den­gan pihak dokter. Agar menyiapkan alat di lokasi tes nantinya. Sehingga masyarakat Buteng mau­pun luar Buteng bisa dimudahkan.

“Kita sudah kordinasi-kan dengan beberapa dokter. Agar menyiapkan tempat swab antigen dilokasi ujian. Sehingga peserta baik dari Buteng maupun luar Buteng tidak lagi bingung mencari tem­pat swab,” ungkapnya.

Sedangkan, untuk pem­bagian tes masing-mas­ing peserta CPNS masih dalam tahap penyusunan. Samrin menyebut kan secepatnya akan disele­saikan sekaligus bisa diu­mumkan langsung kepada peserta CPNS. Baik itu secara langsung maupun melalui website resmi BKPSDM Buteng.

“Adapun pembagian tes masing-masing peserta CPNS masih dalam tahap penyusunan. Dalam wak­tu dekat ini kemungkinan bisa selasai,” tutupnya. (rud/b)