KENDARIPOS.CO.ID– Penurunan Kasus Covid-19 di Kabupaten Kolaka akhir-akhir ini terus menunjukkan tren positif. Itu ditandai dengan data warga dalam sehari yang tak ada penambahan kasus Covid-19. Selain itu, warga yang diisolasi di Mess Antam dan SIKIM juga sudah tidak ada.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka, dr. Muhammad Aris, mengungkapkan, penurunan kasus Covid-19 tersebut karena keaktifan seluruh pihak mulai dari tingkat kabupaten sampai kecamatan hingga lurah dan desa dalam rangka melakukan penanganan dan pencegahan.

Ia mengatakan, dari 135 desa dan kelurahan yang ada di Bumi Mekongga, hampir semuanya dikategorikan zona hijau. “Hanya Kelurahan Tandebura yang zona orange dan Kelurahan Wundulako zona kuning. Tapi secara umum, 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka sudah dikategorikan zona hijau,” ungkapnya, Selasa (21/9).

Meskipun semua kecamatan sudah zona hijau, namun kata Aris pihaknya belum mengizinkan adanya hajatan atau pesta pernikahan yang dapat menimbulkan keramaian. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kembali lonjakan kasus Covid-19. “Jadi kebijakan kami belum ada perubahan dan masih menunggu kondisi. Semoga semakin membaik. Kemudian vaksinasi juga terus diburu untuk mencapai herd immunity,” tutur Aris. (c/fad)