KENDARIPOS.CO.ID — Semakin nyata bahwa MTs Ummusshabri Kendari adalah Madrasah Hebat dan Bermartabat. Kepercayaan masyarakat akan keberadaan madrasah ini dijawab dengan segudang prestasi yang terus diraihnya. Terbaru, prestasi gemilang kembali dipersembahkan oleh santri MTs Ummusshabri Kendari pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMP/MTs tingkat Kota Kendari. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 14-15 September 2021.

Pada kompetisi ini, 9 santri MTs Ummusshabri menjadi juara dan dinyatakan lolos pada level selanjutnya. Penetapan juara tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nomor 2073/J3/ DM.01.03/2021 tanggal 19 September 2021.Yaitu tentang Penetapan Peserta Babak Penyisihan Tahap II Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2021.

Para peserta ajang KSN Tingkat Kota Kendari dari MTs Ummusshabri Kendari, usai mengikuti perlombaan
bersama guru pembimbing.

Santri MTs Ummusshabri Kendari yang dinyatakan Lolos menjadi Peserta KSN Tingkat Provinsi Sultra, adalah Nurul Ismin Haerani, Auliya Salsabila Hasan, Nur Fadillah Fawziyah Adrianto Putri masing masing sebagai Peringkat 1, 2 dan 3 bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); Naura Azkiya Hayat, Muhammad Rais Akbar Kaisan, Isnan Aulia Maghfira masing masing sebagai peringkat 2, 3 dan 4 bidang Matematika; Zalva Megfira Wibawani, Muhammad Azhar, Muhammad Rafi Candra, masing masing sebagai peringkat 2, 3 dan 4 Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Syahrul, S.Pd sebagai salah seorang guru pembina KSN MTs Ummusshabri Kendari,bahagia atas prestasi ini. Kami tidak lupa bersyukur kepada Allah Subhanahu Wataala, karena santri kami bisa mempersembahkan prestasi yang terbaik dan bisa lolos di ajang KSN Tingkat Provinsi, terima kasih atas segala dukungan dari kepala madrasah dan teman teman guru, serta kepada semua pihak yang telah memfasilitasi siswa dalam persiapan KSN seperti penyiapan buku buku dan lain sebagainya, begitu pula support dan doanya sehingga santri kami lolos di ajang yang bergengsi ini,”ucapnya.

Peserta saat mengikuti kegiatan (foto kiri).

Kepala MTs Ummusshabri Kendari, Imanul Muttaqin, S.Pd.I,Gr, bersyukur dan memberikan apresiasi atas prestasi ini. “Alhamdulillah, seluruh peserta didik MTs Ummusshabri meraih juara dalam KSN tingkat Kota Kendari tahun 2021. Madrasah kami mengutus sembilan delegasi dari tiga cabang kompetisi dan berhasil lolos dalam tahap pertama.Selanjutnya kompetisi akan mempertemukan juara dari setiap kota dan kabupaten di Sultra yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan mendatang, “jelasnya.

Menurutnya hasil baik ini melanjutkan tradisi MTs Ummusshabri sebagai madrasah yang konsisten dalam mengukir prestasi. Konsistensi prestasi tersebut lahir dari sistem pembelajaran yang fokus pada peningkatan mutu.

Selain itu, SDM guru dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi dan dedikasi tinggi serta dukungan dari wali santri semakin menguatkan madrasah dalam upaya menciptakan pengalaman belajar terbaik dan efektif bagi peserta didik. Ketua Yayasan Ummusshabri Kendari, Dr. Supriyanto, MA, menuturkan Semakin tinggi prestasinya sudah pasti semakin berat pula tantangannya. Sebab, setelah siswanya memperoleh sebanyak 9 medali di ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang dulu namanya OSN, maka secara otomatis MTs Ummusshabri mendapat tatangan yang jauh lebih berat lagi yaitu meloloskan siswanya mewakili Sulawesi Teggara di ajang KSN tingkat nasional. “Sehingga perolehan prestasi di tingkat kota ini merupakan titik sekaligus tantangan untuk sukses mengantarkan siswanya di ajang KSN selanjutnya. Saya selalu sampaikan bahwa semua sekolah/madrasah pasti akan melakukan strategi yang terbaik untuk meloloskan siswanya ke tingkat nasional, “jelasnya.

Ketua Yayasan berharap agar MTs Pesri secara konsisten menjaga prestasinya dalam berbagai ajang kompetisi. Seperti diketahui bahwa beberapa waktu yang lalu siswa MTs Ummusshabri juga menjadi juara umum dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah tingkat Kota Kendari dan akan lanjut ke tingkat Provinsi. “Yang pasti semakin hari tingkat kompetisi semakin ketat dan disinilah perlunya inisiatif dan inovasi untuk mendapatkan trik terbaiknya, “tutupnya. (adv)