Ruksamin

KENDARIPOS.CO.ID —Gerakan vaksinasi Covid019 terus digalakkan di Konawe Utara (Konut). Program penyuntikan anti bodi tersebut melibatkan pihak Dinas Kesehatan, Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM), RSUD Konut, Pemerintah Kecamatan dan Desa hingga unsur TNI-Polri. Bupati Konut, Ruksamin, menuturkan, dalam proses vaksin virus corona, seluruh elemen lembaga dilibatkan.

Langkah ini dilakukan sebagai wujud kehadiran Pemerintah Kabupaten dalam memberikan perlindungan bagi kesehatan masyarakat di otoritanya. “Untuk tahun 2021, kita targetkan berada di atas 90 persen dari wajib vaksin di Konut,” kata Ketua DPW PBB Sultra tersebut, Kamis (9/9). Mantan Ketua DPRD Konut itu menguraikan, jumlah penduduk Konut sebanyak 70.216 orang dengan sasaran wajib vaksin sebanyak 51.592 orang.

Ruksamin mengatakan, dalam proses vaksinasi terdapat beberapa kendala yang ditemui oleh tim, sesuai hasil identifikasi lapangan. Diantaranya, masih adanya resistensi masyarakat terhadap program vaksinasi yang diakibatkan beredarnya hoaks dan pemberitaan negatif. Kemudian, rendahnya partisipasi masyarakat karena kurangnya sosialisasi dan edukasi, sulitnya faktor geografis di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan

“Termasuk sulitnya jaringan internet untuk pelaporan data administrasi vaksinasi di daerah terpencil dan kepulauan,” kata Ruksamin. Konut-1 itu itu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama menyukseskan vaksinasi di Bumi Oheo. Tentunya tidak terprovokasi dengan informasi-informasi negatif seperti yang beredar selama ini. (b/min)