Samsat Drive Thru Sumbang Rp 50 Juta Perhari ke Kas Daerah – Kendari Pos
Metro Kendari

Samsat Drive Thru Sumbang Rp 50 Juta Perhari ke Kas Daerah


-Layanan Cepat, Hanya Enam Menit

KENDARIPOS.CO.ID — Inovasi Pemprov Sultra melalui layanan pajak Samsat Drive Thru patut diapresiasi. Sejak dibuka tanggal 9 September lalu, penarikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) terus mengalami peningkatan. Jika awalnya hanya Rp 20 juta perhari, kini mencapai Rp 50 juta.

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra, Suharmin Arfad mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk mendongkrak pundi-pundi penerimaan daerah. Salah satunya PKB. Tidak hanya Samsat mobile, pemerintah turut membuka layanan Samsat Drive Thru.

Tampak loket layanan Samsat Drive Thru di pelataran MTQ Square Kendari.

“Sejauh ini, hasilnya menunjukkan progres yang positif. Makin ke sini pemasukan perhari capai Rp 40 juta sampai Rp 50 juta. Awalnya, hanya Rp 20 jutaan,” kata Suharmi Arfad, Senin (27/9).

Ia optimis penerimaan PKB melalui Samsat Drive Thru akan terus meningkat. Padahal program ini belum disosialisasikan secara maksimal. Jika semakin banyak masyarakat yang tahu, maka sumbangsih layanan ini akan semakin besar.

“Memang belum tersosialisasi maksimal. Rata-rata mereka yang berkunjung ke sana dari Samsat. Namun karena lama mengantri, mereka diarahkan sebagian ke Samsat drive thru. Dengan adanya samsat drive thru, layanan di kantor Samsat lebih longgar. Orang sudah tidak lama menunggu lagi. Tentu sangat mempermudah pelayanan,” ungkapnya.

Pelayanan di Samsat Drive Thru kata dia, amat sangat cepat. Sesuai SOP pelayanan kurang lebih enam menit sudah tuntas. Biasanya yang buat agak lambat sebab masyarakat tak tahu dokumen apa yang harus mereka bawa untuk urusan mereka. “Saat kita minta dokumen, mereka masih mencari dan menelpon kiri-kanan sehingga itu yang membuat agak lama dan yang lain terganggu, ” bebernya.

Dalam pengurusan dokumen pembayaran, relatif mudah. Bila hanya mau pengesahan dan pembayaran pajak hanya perlu mempersiapkan STNK, identitas diri (KTP) dan siapkan uang sesuai rincian pembayaran pajaknya. “Pada dasarnya kita tidak akan mempersulit para wajib pajak, ” ungkapnya.

Sebelum ke Samsat maupun Samsat Drive thru, para wajib pajak dapat mengecek seluruh tagihan pajak. Apalagi Bapenda telah menyiapkan aplikasi info pajak. “Untuk mengetahui berapa total pembayaran sebelum ke drive thru dan samsat liat info pajak. Sehingga saat membayar semua proses tak akan lama, sebab rincian pembayaran sudah disiapkan sesuai info pembayaran yang ada di sistem wajib pajak, ” jelasnya. (b/rah)

Layanan Samsat Drive Thru
-Layanan Pembayaran PKB
-Mulai Beroperasi 9 September
-Penarikan PAD Terus Meningkat
(Rp 20 juta menjadi Rp 50 juta Perhari)
-Layanan Hanya 6 Menit

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy