KENDARIPOS.CO.ID — Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) wilayah XVIII Sultra kembali berbagi. Bersama para ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPTD, mereka membagi-bagikan bantuan di tiga lokasi yakni, panti rehabilitasi sosial penyandang disabilitas sensorik rungu wicara (LRSPDSRW) Meohai Kendari, panti jompo dan panti asuhan Al Ikhlas.

Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf mengatakan bagi-bagi bantuan ini bagian dari rutinitas Insan BPTD Berbagi. Meski jumlahnya tak seberapa, namun setidaknya bisa membantu saudara-saudara yang membutuhkan. “Dalam anjangsana ini, kami turun bersama ibu-ibu Dharma Wanita. Bantuan yang siberikan dalam bentuk uang tunai dan sembako, ” kata Benny kemarin.

Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf (depan, delapan dari kiri) dan Ketua DPW BPTD Wilayah XVIII Sultra Jane Riatri (depan, delapan dari kanan) bersama pengurusnya, pengasuh dan anak-anak di panti rehabilitasi sosial penyandang disabilitas sensorik rungu wicara (LRSPDSRW) Meohai Kendari, Jumat (17/9).

Titik pertama yang dituju lanjutnya, adalah panti rehabilitasi sosial penyandang disabilitas sensorik rungu wicara. Kenapa memilih tempat ini, sebab mereka yang berkebutuhan khusus pun tentu merasakan dampak dari pandemi, sehingga mereka juga perlu menerima bantuan.

“Artinya mereka yang kekurangan fisik juga perlu menerima bantuan. Nah tentu dari sisi kemampuan untuk mencari nafkah dan lain sebagainya mereka ada yang terbatas. Lagi pula dengan memberikan bantuan ini, kita sudah membantu memberikan semangat kepada adik-adik yang ada di panti, “jelas Benny.

Dukungan terhadap penyandang disabilitas kata dia, sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan (Menhub). Makanya, kementerian turut mendorong adanya kesetaraan antara orang yang memiliki keterbatasan fisik. Sebagai wujud dukungan, Kemenhub memberi kesempatan dan merekrut penyandang disabilitas.

“Ini yang diharapkan pak menteri. Insan-insan perhubungan terus memberikan ruang kepada saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan. Bukan tidak mungkin nanti di BPTD juga bila adik-adik kita yang memiliki keterbatasan fisik tapi punya skil di perhubungan bukan tidak mungkin kita bisa terima untuk menjadi karyawan di perhubungan,” tambahnya.

Ketua DPW BPTD XVIII Sultra Jane Riatri mengatakan bantuan yang diberikan ini bersumber dari partisipasi semua insan BPTD baik karyawan, ibu Dharma Wanita hingga mitra yang ingin berbagi dalam rangka memperingati Harhubnas 2021. “Jadi, bantuan yang disalurkan ini merupakan kerjasama antar Perhubungan dengan BPTD yang kebetulan bertepatan dengan Harhubnas,” katanya.

Perayaan Harhubnas kata dia, biasanya diisi dengan berbagai perlombaan. Namun karena pandemi, kegiatannya dikemas dalam bentuk berbeda. Salah satunya melakukan anjangsana sosial dan berbagi. “Bantuan ini tak seberapa. Tapi kami berharap bisa membantu orang-orang yang memang membutuhkan, terlebih di tengah pandemi ini,” harapnya. (b/rah)