Tekad Rusman Koneksikan Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna LM. Rusman Emba menyiapkan akselerasi pembangunan daerah dalam kurun waktu lima tahun mendatang. Sejumlah kebijakan akan diciptakan sebagai instrumen mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat secara cepat. Rusman memilih Kendari Pos sebagai media pertama untuk sedikit membuka “resep” tentang strategi mewujudkan Kabupaten Muna yang maju, mandiri, berdaya saing dan sejahtera.

Rusman Emba yang belum sepekan dilantik kembali sebagai Bupati Muna periode 2021-2026 menyiapkan waktu khusus demi bersilaturahmi dengan Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi dan Wakil Direktur Kendari Pos, Agus Tranhadi. Keduanya mewakili Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin dan seluruh manajemen Kendari Pos. Pertemuan digelar dalam suasana santai dan penuh keakraban.

Rusman Emba

Bupati Rusman sedikit membuka peran strategis Muna untuk Sultra ke depan. Selain bakal menjadi sentra jagung kuning dan udang vaname, Rusman juga telah memroyeksikan Kab. Muna sebagai “perekat” Sultra. Visi itu diantaranya bakal direalisasikan melalui mega proyek pembangunan Jembatan Muna – Konawe Selatan dan Muna – Buton. Dengan begitu, sekat wilayah maupun mobilitas sosial kemasyarakatan bakal terkoneksi secara utuh. “Muna menyatukan Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui infrastruktur agar potensi ekonomi Buton, Muna dan daerah daratan bisa saling menopang. Saat ini memang sudah terkoneksi, tetapi baik jarak dan waktu tempuh masih lama. Akan lebih optimal kalau jembatan itu terwujud,” tuturnya.

Untuk mendukung pembangunan jembatan tersebut, Bupati Rusman sudah menyiapkan proyek jalan Trans Muna. Trans Muna itu nantinya menghubungkan wilayah Sultra di daratan pulau Sulawesi dengan wilayah yang berada di pulau Muna dan Buton. Dengan begitu, jalan trans Sulawesi yang terhenti di Torobulu, Konsel dapat tersambung hingga pulau Buton di Bau-Bau. “Ide dasarnya itu menyatukan Sultra yang geografisnya kepulauan,” kata Bupati Rusman.

Jalan itu akan dibangun mulai dari Kec. Napabalano Kab. Muna hingga Wamengkoli, Buton Tengah. Rutenya terbagi dua yakni Tampo-Muna Barat-Mawasangka dan Tampo-Lohia-Tongkuno-Wamengkoli. Rute kedua akan melintasi pesisir pulau Muna. Jalan trans Muna itu akan dihubungkan dua jembatan. Masing-masing jembatan Toli-toli – Tampo untuk daratan Konsel dan Muna. Selanjutnya jembatan Muna – Bau-Bau untuk menghubungkan pulau Muna dan pulau Buton. “Sultra ini harus dihubungkan dengan infrastruktur jalan dan jembatan. Sehingga dengan begitu potensi ekonomi kita bisa dikelola lebih efektif,” urainya.

Bupati Muna dua periode, Rusman Emba mengapresiasi peran Kendari Pos yang telah berkontribusi ikut memublikasikan progres pembangunan di otoritanya. Tidak heran, sebagai ungkapan terima kasih atas kemitraan yang terjalin baik, Rusman sengaja menggelar silaturahmi terbatas bersama media terbesar di Sultra tersebut.

Soal strategi pembangunan di periode keduanya, Rusman yang kini didampingi Bachrun Labuta sebagai Wakil Bupati Muna, sangat optimistis bisa mengakeselerasi pertumbuhan ekonomi. Program ekonomi kerakyatan bakal diperkuat. Salah satu instrumen yang segera dikerjakan adalah pembangunan sektor pertanian berbasis industri dan pengembangan perikanan melalui kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Rusman berharap, Kendari Pos tetap bersinergi dengan Pemkab Muna terutama dari sisi pemberitaan yang membangun. Ia menyadari, pembangunan daerah harus diikuti pemberitaan media sebagai salah satu bentuk keterbukaan informasi. Dirinya juga memastikan siap meningkatkan kerja sama dengan Kendari Pos untuk menciptakan branding yang baik tentang Muna. “Media pasti punya peran vital dalam pembangunan. Sehingga kerjasama ini perlu ditingkatkan,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi yang karib disapa Onggi Nebansi itu mengapresiasi tekad dan visi Bupati Muna, Rusman Emba di periode keduanya ini. Menurutnya, hal itu menandai jika pembangunan Muna selama ini sudah baik dan Rusman layak mendapat kepercayaan kembali. Bahkan tidak menutup kemungkinan, jika visi pembangunan lima tahun kedepan terwujud maka kontribusi Rusman akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sultra. “Kendari Pos siap mendukung. Sudah saatnya visi dan program di Muna memberi inspirasi untuk pembaca di Sultra,” imbuhnya. (ode/b)

Bupati Rusman Berharap Kendari Pos dan Pemkab Muna Tetap Bersinergi