Rp 500 Miliar Rehab Bendung Wawotobi

ADI HIDAYAT/KENDARI POS
REHABILITASI : Bendung Wawotobi di Desa Anggopiu, Kecamatan Uepai yang akan direhab pada tahun ini. Infrastruktur irigasi tersebut memang sangat vital dalam mengairi sawah di Kabupaten Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID– Konstruksi bendung Wawotobi akan dibenahi dalam waktu dekat ini. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) telah menganggarkan Rp 500 miliar untuk merehab infrastuktur irigasi di Desa Anggopiu, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe tersebut.

Humas Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, Rahmat Sanusi, mengatakan, pihaknya akan melakukan perbaikan terhadap jaringan inti bendung Wawotobi secara menyeluruh. Tempo perbaikan tersebut, memerlukan waktu pengerjaan selama dua tahun.

“Bendung Wawotobi dibangun pada tahun 1979. Ini akan kita rehab dengan anggaran Rp 500 miliar,” ujar Rahmat Sanusi, Rabu (15/9).

Ia menuturkan, bendung Wawotobi awalnya dibangun untuk menahan derasnya aliran air sungai Konaweha. Katanya, bendung Wawotobi memiliki fungsi vital dalam mengaliri area persawahan masyarakat di Konawe. Daerah irigasi bendung tersebut meliputi beberapa wilayah basis persawahan dengan luasan mencapai 18.000 hektare. “Proses rehabnya dimulai tahun ini. Beberapa alat berat sudah stay di lokasi,” tandasnya. (c/adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *