Rp 2,4 Miliar Berdayakan Wanita Tani

Wanita Tani : Kadis Pangan Koltim, Idarwaty (keempat dari kanan) bersama kelompok wanita tani pada salah satu rumah bibit di daerah itu

KENDARIPOS.CO.ID– Dana sebesar Rp 2,4 miliar yang dialokasi­kan untuk Dinas Pangan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) 2021, digelontorkan untuk program pekarangan pangan lestari (P2L) bagi wanita tani. Kepala Dinas Pangan Koltim, Idarwaty, mengungkapkan, angga­ran Rp 2,4 miliar tersebut merupakan dana aspirasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari daerah pemilihan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dana aspirasi tersebut disalurkan pada 40 kelom­pok wanita tani, termasuk lima kelompok reguler dan dua kelompok DAK APBN tahun 2021. Mantan Kadis Kominfo Kolaka Timur itu menjelaskan, setiap kelom­pok dialokasikan Rp 60 juta dan langsung ditransfer ke rekening wanita tani.

“Program P2L ini meru­pakan strategi penang­gulangan stunting dan menjaga imun tubuh pada masa pandemi Covid-19. Progran pekarangan pan­gan lestari sudah berjalan dan berakhir Desember nanti,” jelas Idarwaty, Senin (27/9). Masing-masing kelompok ditarget menghasilkan satu ton dari bantuan rumah tanam ser­ta 10.000 bibit sayuran.

Ke­lompok wanita tani (KWT) melaporkan kegiatannya melalui online e-monev ke Kementerian Pertanian. “Alhamdulillah pendamp­ingan kami berhasil dan program P2L ini tersebar pada 12 kecamatan,” kata Idarwaty. (c/kus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *