Ringkus Bandar Narkoba, Polisi Amankan 553 Gram Sabu – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Ringkus Bandar Narkoba, Polisi Amankan 553 Gram Sabu


-BNNK Kendari Tangkap IRT Diduga Pengedar Sabu


KENDARIPOS.CO.ID — Kendati kerap diciduk, masih saja ada orang yang nekat menjual narkoba. Terbaru, tim Opsnal Unit 2 Subdit III Ditresnarkoba Polda Sultra mengamanakan seorang pria berinisial DS (36). Pelaku yang diduga bandar sabu ini dibekuk di rumahnya di sebuah perumahan di keluarahan Lepo-lepo, Kecamatan baruga Kota Kendari. Dari hasil penggeledahan, aparat menyita barang bukti narkoba jenis sabu seberat 553 gram.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sultra, Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman mengungkapkan, penangkapan bermula dari penyelidikan tim Opsnal Unit 2 Subdit III Ditresnarkoba. Dari hasil penyelidikan tersebut, diketahui adanya dugaan peredaran narkotika jenis sabu yang dilakukan tersangka.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sultra, Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman (kiri) didampingi Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan (tengah) dan Kasubdid Penmas Bidang Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh (kanan) saat merilis pengungkapan kasus narkoba setengah kilogram yang diperoleh dari tersangka DS (kaos orange) kemarin

“Berdasarkan hasil lidik, tim melakukan penangkapan terhadap tersangka didalam rumahnya. Dilanjutkan dengan penggeledahan badan dan penggeledahan rumah yang disaksikan masyarakat,” ujarnya kemarin.

Hasilnya, polisi menemukan sebungkus besar sabu seberat 513 gram. Tidak hanya sampai di situ, penyidik juga menemukan sabu dengan paket yang lebih keciil sebanyak enam saset. Setelah ditimbang, beratnya 40 gram. “Secara keseluruhan, ada 553 gram atau setengah kilogram sabu yang diamankan,” jelasnya.

Dari hasil interogasi, pelaku memperoleh barang bukti tersebut dari seseorang di Kota Kendari. Modus tersangka, sebagai bandar dan tukang tempel atas perintah seseorang melalui telepon untuk membawa paket sabu tersebut. Setelah didalami, tersangka sudah tiga kali mengedarkan sabu. Jumlahnya hampir sama. Lokasi yang paling banyak sebagai tempat transaksi sabu itu dilakukannya di Kota Kendari.

“Berdasarkan pengakuannya, tersangka menjual sabu lantaran kendala ekomoni. Sehari-hari, pelaku hanyalah seorang pegawai honorer. Gajinya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Makanya, pelaku nekat menjual sabu ” kata Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman.

Saat ini, tersangka dan barang bukti yang disita diamankan di Mako Ditresnarkoba Polda Sultra untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut. “Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 undang undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya paling singkat enam tahun penjara dan maksimal hukuman seumur hidup,” tutupnya.

Terpisah, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Kendari menangkap SD (23). Ibu dua anak itu nekat menyalahgunakan dan mengedarkan narkoba jenis sabu. Sepak terjangnya digagalkan BNNK Kendari. SD diamanakn petugas BNN Kendari di kediamannya Jalan Balai Kota II, Kelurahan Pondambea, Kecamatan Kadia, Jumat (21/8) kemarin. Dari tangan SD, disita 5,79 gram sabu.
Kepala BNN Kota Kendari, Murniaty mengatakan, terungkapnya kasus tersebut berawal dari informasi masyarakat. Petugas lalu menggeledah rumah SD dan ditemukan 19 buah plastik bening berisi sabu siap edar. Dari pemeriksaan urine, SD dinyatakan positif mengonsumsi sabu. “SD kami amankan karena menyalahgunakan dan mengedarkan sabu dengan barang bukti 5,79 gram sabu,” ujarnya, Jumat (3/9) kemarin.

Murniaty menjelaskan, SD mengaku mengedarkan sabu karena desakan masalah ekonomi. Dan mulai mengedarkan barang haram tersebut sejak akhir bulan Juni lalu. “SD mengaku karena terhimpit ekonomi,” jelas Murniaty

Atas perbuatannya, SD dikenakan pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 junto pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Sanksi pidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau acaman hukuman penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun,” tegas Murniaty. (b/ndi/ali)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy