KENDARIPOS.CO.ID — Eksistensi PT. Pelindo IV Kendari sangat menopang aktivitas ekspor impor di Bumi Anoa. Komoditas andalan Sultra kini bisa dikirim ke luar negeri melalui terminal peti kemas di Bungkutoko, Kota Kendari.

Namun, komoditas itu harus dikirim ke pulau Jawa lebih dulu sebelum menjangkau pasar internasional. Manajemen PT. Pelindo IV Kendari dalam komando General Manager (GM), PT. Pelindo IV Kapten Suparman, sedang berjuang agar eksportir dapat mengirim langsung komoditas ke luar negeri, tanpa singgah di Pulau Jawa. “Perjuangan PT. Pelindo IV Kendari itu yakni membangun terminal modern di Indonesia Timur.

GM. PT. Pelindo IV Captain Suparman

Selain itu, saat ini PT. Pelindo IV Kendari sedang dalam proses merger menjadi PT.Pelindo pada Oktober nanti. Ketika kebijakan ini berlaku di Kendari dengan keberadaan terminal modern, maka akan mempermudah eksportir lokal. Apalagi didukung dengan kapasitas terminal yang sangat mumpuni,” ungkapnya saat berdiskusi dengan Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin dan jajaran manajemen Kendari Pos di Graha Pena, kemarin.

Terminal peti kemas modern PT. Pelindo IV Kendari di Bungkutoko akan mampu menampung 250 ribu twentyfoot equivalent unit (TEUs) kontainer (satuan ukuran sebesar kontainer 20 feet). Saat ini baru terisi 100 ribu peti kemas.(*)