KENDARIPOS.CO.ID — Meski sudah diperingati, masih saja ada developer atau pengembang perumahan yang belum menyerahkan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) atau fasilitas umum (Fasum)-nya. Padahal itu sudah menjadi kewajiban devepon sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 9 tahun 2009 tentang pedoman penyerahan PSU sepenuhnya adalah milik (aset) daerah. Saat ini, baru 70 developer dari 246 developer yang menyerahkan PSU.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Kota Kendari, Cornelius Padang mengatakan PSU yang diserahkan minimal memiliki luas sebesar 40 persen dari luas keseluruhan perumahan. Jika tidak mencukupi, otomatis pengembang bakal dikenakan denda.

“Kalau site plannya hanya 30 persen misalnya, mereka harus mencukupkan menjadi 40 persen. Apakah melalui penggantian lahan di lokasi sekitar perumahan itu atau bisa juga mengganti senilai uang. Besaran gantinya disesuaikan dengan nilai tanah komersil atau sesuai NJOP (Nilai Jual Objek Pajak). Nah itu yang harus mereka setorkan ke Kasda (Kas Daerah). Jadi PSU-nya harus sesuai exiting,” tandas kata Cornelius Padang kemarin.

Saat ini, pemerintah tengah merivisi Peraturan Wali Kota (Perwali) Kendari nomor 61 tahun 2015 tentang tata cara penyerahan PSU dengan memasukan salah satu item perubahan termasuk pengenaan denda terhadap developer yang tidak memenuhi ketentuan luas PSU sebesar 40 persen.

“Kami dengan Bagian Hukum sudah hampir menuntaskan draftnya. Bahkan kita upayakan dalam bulan ini susah selesai Perwalinya. Semoga bulan depan (Oktober) sudah bisa diterapkan,” ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyambut baik rencana revisi PSU. Menurutnya, itu penting dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan pengembang dalam menjalankan usahanya. “PSU merupakan hak daerah dan hak masyarakat. Harus segera diserahkan supaya bisa dilakukan perawatan dan pemeliharaan agar masyarakat sekitar bisa menikmatinya. Saya instruksikan dinas terkait menginventarisir seluruh aset milik daerah termasuk PSU,” ujarnya. (b/ags)

Pengembang Perumahan di Kota Kendari
-Total 246 Developer
-Menyerahkan PSU 70 Developer
-Belum Menyetor dan Proses 176 Developer

Cakupan PSU
-Jaringan Jalan
-Drainase dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS)
-Sarana Umum, Pendidikan dan Kesehatan
-Ruang Publik atau RTH
-Jaring Air Bersih dan Telepon
-Jaringan Listrik dan Penerangan