Wali Kota Kendari Sulkar­nain Kadir

Pemkot Anggarkan Rp 137 Miliar
KENDARIPOS.CO.ID– Pemkot Kendari mulai mengangsur cicilan pinja­man. Sesuai estimasi, angga­ran yang disiapkan sekira Rp 137 miliar. Pinjaman ini dipe­runtukan untuk membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Type D dan Puskes­mas Kandai serta membiayai proyek jalan lingkar dalam (Inner Ringroad).

Wali Kota Kendari Sulkar­nain Kadir mengatakan se­luruh tahapan proses peren­canaan dan penganggaran dilaksanakan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 Ta­hun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah. Di sisi lain, tetap mengacu klasifikasi, ko­defikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah seba­gaimana Permendagri nomor 90 tahun 2019.

“Penyelesaiannya tidak di­lakukan sepenuhnya. Melain­kan secara bertahap sesuai dengan kesepakatan (tenor) serta menimbang kondisi keuangan daerah dan pembi­ayaan lainnya,” ujar Sulkar­nain Kadir kemarin.

Jika melihat struktur APBD, Pemkot bisa menyelesaikan seluruh kewajibannya sesuai waktu yang telah disepakati bersama. Proyek yang dibi­ayai bagian dari program pe­mulihan ekonomi nasional (PEN). Melalui proyek ini, roda ekonomi yang lesu kare­na pan­demi bisa kembali bangkit.

Sekedar infor­masi, Pemkot Kendari memi­liki kewajiban atas pinjaman di PT Sarana Multi Infrastruk­tur (SMI) sebesar Rp 374 mil­iar. Dana ini dipergunakan unruk membiayai sejumlah proyek infrastruktur seperti fasilitas kesehatan (Faskes) dan peralatan serta pem­bangunan jalan. (b/ags)