KENDARIPOS.CO.ID — Kasus Covid-19 di Sultra mulai melandai. Kendati begitu, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sultra enggan terlena. Angka kasus terus ditekan dan pencegahan penularan terus dimasifkan. Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sultra, Lukman Abunawas blusukan ke daerah-daerah untuk mendorong pemerintah daerah memasifkan langkah pencegahan penularan. Kali ini, Lukman Abunawas turun di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

Lukman Abunawas yang juga Wakil Gubernur Sultra itu memimpin apel siaga penanganan Covid-19. Dia didampingi Bupati Koltim Andi Merya Nur. Lukman Abunawas tak hanya memberi motivasi Pemkab Koltim mencegah Covid-19 namun juga memberikan bantuan masker dan sembako kepada warga. Sebagai Wakil Gubernur, Lukman Abunawas meninjau Pasar Ladongi, GOR Ladongi dan Rusunawa di Tawainalalu.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (tiga dari kanan) menyerahkan bantuan masker secara simbolis kepada Bupati Koltim, Andi Merya Nur (kanan) usai apel siaga penanganan Covid-19, Rabu (15/9) kemarin.

Dalam pertemuan dengan Bupati Koltim dan Forkompinda, Lukman Abunawas meminta pencegahan dan penanganan covid-19 mesti dilakukan secara masif. Dia berharap, Pemkab Koltim meningkatkan perlindungan kepada masyarakatnya dari ancaman wabah covid-19. “Kampanye melawan Covid-19 jangan kendor
. Kalau perlu ditingkatkan lagi, terutama kampanye dalam hal penerapan protokol kesehatan (Prokes), dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam vaksinasi demi mencapai herd immunity,” ujar Lukman Abunawas di aula Kantor Bupati Koltim, Rabu (15/9) kemarin.

Mantan Bupati Konawe dua periode itu, mengatakan sejak Covid-19 melanda Sultra seluruh sektor kehidupan masyarakat terdampak. Termasuk sektor kesehatan dan perekonomian. Beragam kebijakan ditelurkan pemerintah dan sinergisitas yang dibangun semua elemen berhasil menekan angka penyebaran Covid-19, baik itu kebijakan PPKM maupun program vaksinasi.

“Peran unsur TNI dan Polri dalam suksesnya vaksinasi sangat strategis. Vaksinasi berjalan maksimal.
Nah, vaksinasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya melahirkan herd immunity agar kita dapat mengatasi dan mengusir pandemi Covid-19 ini dari Sultra dan Koltim. Kepada Pemda Koltim, seluruh jajaran TNI dan Polri, saya berterimakasih atas kerja sama yang dinamis dalam menangani Covid-19 di Koltim,” ungkap Lukman Abunawas.

Sementara itu, Bupati Kolaka Timur, Andi Merya mengatakan sejak dilantik bersama mendiang Samsul Bahri, dia bertekad melindungi masyarakat Koltim dari paparan Covid-19. Niat mulia itu pegang teguh Andi Merya dengan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.
“Alhamdulillah, kerja keras kita dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan prokes dan vaksinasi maka angka kasus harian Covid menurun. Dengan metode 3T, pemeriksaan dini (Testing), pelacakan (Tracing), dan perawatan (Treatment) maka kasus Covid-19 berhasil kita tekan,” kata Andi Merya.

Dengan 3T itu, langkah-langkah antisipatif dilakukan Pemkab dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Koltim. Sebut saja, menyiapkan ruang isolasi di Rusunawa Tawainalu yang dapat menampung sampai maksimal 72 orang. Selain itu menyediakan bahan medis habis pakai termasuk alat pelindung diri (APD). Ditambah pula, penetapan PPKM level 3 dan prokes ketat.

“Kami bertekad memenuhi target vaksinasi masyarakat. Dengan begitu semakin banyak masyarakat yang terlindungi dan tercipta herd immunity. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya meminta bantuan Satgas dan Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, agar diberikan logistik vaksin yang cukup dalam rangka mengakselerasi vaksinasi,” tutup Bupati Koltim, Andi Merya. (kus/c)

Bertekad Memenuhi Target Vaksinasi Masyarakat

Kukuh Melawan Covid

Wagub
Kampanye di Koltim
-Kasus Covid-19 di Sultra mulai melandai
-Gugus Tugas Covid-19 Prov.Sultra enggan terlena
-Angka kasus terus ditekan
-Pencegahan penularan terus dimasifkan
-Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Sultra, Lukman Abunawas blusukan ke daerah-daerah
-Dia mendorong dan mengampanyekan pemda memasifkan pencegahan penularan
-Lukman Abunawas turun di Kab.Koltim
-Dia memimpin apel siaga penanganan Covid-19
-Tak hanya itu, Lukman memberi bantuan masker dan sembako

Sukses Bersama
-Melandainya kasus Covid-19 berkat kerja sama semua elemen
-Pemprov, Pemda, unsur Forkompimda dan masyarakat
-Semua itu adalah sukses bersama
-Lukman Abunawas apresiasi kerja sama yang solid itu
-Dia meminta Pemkab mengakselerasi vaksinasi
-Tujuannya agar segera tercapai herd immunity
-Selain itu, disiplin menerapkan prokes Covid-19 tetap dipertahankan
-Dengan begitu, pandemi Covid-19 segera berlalu

Tekad Andi Merya
-Bupati Kolaka Timur, Andi Merya bertekad melindungi masyarakat Koltim dari Covid-19
-Niat mulia itu diwujudkan dengan memberikan pelayanan kesehatan terbaik
-Meningkatkan kesadaran masyarakat akan prokes dan vaksinasi
-Hasilnya, angka kasus harian Covid menurun
-Pemkab Koltim menerapkan metode 3T, Testing, Tracing dan Treatment

DATA DIOLAH KENDARI POS

Update Data Perkembangan Covid-19
Rabu, 15 September 2021

-Konfirmasi positif 19.940
-Sembuh 18.781 orang
-Suspek 9 orang
-Kontak erat 133 orang
-Kasus baru 10
-Perawatan 644 orang

SUMBER : GUGUS TUGAS COVID-19 PROV.SULTRA
DATA DIOLAH KENDARI POS