ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
PENGUATAN DERMAGA : Pemkab Wakatobi dan KUPP Wanci kembali mengusulkan rencana perbaikan sejumlah fasilitas di Dermaga Panggulubelo yang usianya sudah mencapai 30 tahun.


KENDARIPOS.CO.ID– Peningkatan infrastruktur Dermaga Panggulubelo di Wakatobi sedang diupayakan pihak Kantor Unit Penyeleng­gara Pelabuhan (UPP) Wanci bersama Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Wakatobi. Saat ini anggaran perkuatan masih terus diperjuangkan. Sempat tidak terealisasi karena direfo­cusing untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 pada tahun 2021 ini, permohonan anggaran akan kembali dilaku­kan pada 2022 mendatang. Sebab selain usia pelabuhan yang sudah mencapai 30 ta­hun, kondisi fisik dermaga dianggap bisa mengancam ke­selamatan kapal dan penump­ang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wakatobi, Hariadin, menyebut nominal anggaran yang diusulkan masih sama dengan sebelumnya, sebesar Rp 69 miliar. Untuk pening­katan salah satu pelabuhan terpan­jang di Wakatobi ini, ada sejumlah item yang harus dibenahi. “Usia dermaga ini sudah tua. Dibangun sejak tahun 1990. Pada musim ekstrem, dermaga sudah goyang. Tentu bisa mengancam keselamatan kapal dan penumpang. Jadi sangat perlu penguatan,†ungkapnya, Jumat (24/9).

Hariadin me­nambahkan, an­gka kunjungan kapal yang kian meningkat juga menjadi fokus pihak KUPP Wanci dan Pemkab Wakatobi untuk me­ningkatkan kualitas dermaga. “Sudah banyak kapal yang sandar di sana. Jadi kami Pemkab Wakatobi bersama KUPP akan terus memper­juangkan ini ke pusat. Kita ber­harap tahun depan pusat bisa merealisasikan usulan kita,†tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor UPP Wanci, Arman, menjelas­kan, sejak tahun 2020 lalu pi­haknya telah mengusulkan anggaran pekerjaan perkuatan dermaga hingga penamba­han fasilitas. Sayang, dua kali berturut-turut agenda terse­but belum bisa direalisasikan. “Sempat anggarannya sudah ditetapkan Rp 68 miliar dan dialokasikan, sampai masuk tahap proses lelang. Tapi re­focusing sampai 100 persen,†jelas Arman. (c/thy)