Pencari Kerja 5.012 Orang, Terserap Hanya 814

Hartono

KENDARIPOS.CO.ID– Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah dengan mencari kerja. Di Kabupaten Kolaka, sejak Januari hingga Agustus 2021, jumlah pencari kerja mencapai 5.012 orang.

“Dari jumlah tersebut, yang terserap sebanyak 814 orang. Mereka bekerja pada berbagai sektor. Ada yang di perkebunan, sebagai petugas kebersihan dan satpam,” ungkap Kepala Bidang Pembinaan Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kolaka, Hartono, Kamis (2/9).

Untuk lebih mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja di Bumi Mekongga, maka para pencari kerja dibekali dengan keterampilan. Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan bantuan peralatan kerja. “Kami membekali keterampilan melalui pelatihan menggandeng Balai Latihan Kerja. Kami juga membekali bantuan peralatan seperti alat pertukangan, mesin jahit dan perbengkelan. Sehingga dengan modal tersebut, mereka dapat membuka usaha dan bisa memperoleh penghasilan,” tuturnya.

Terkait bantuan peralatan kerja, kata Hartono, pihaknya telah membagikan bantuan tersebut pada 17 kelompok. Jenisnya seusai hasil Musrenbang dan usulan proposal yang diajukan oleh kelompok.

“Sebelum memberikan bantuan tersebut, terlebih dahulu kami juga melakukan verifikasi lapangan, memastikan bahwa peralatan yang minta tersebut memang dibutuhkan dan dapat dimaksimalkan untuk usaha. Bantuan tersebut juga akan kami awasi terus agar tidak disalahgunakan,” pungkasnya. (c/fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *