-Progres Capaian MCP Triwulan III 68,33 Poin


KENDARIPOS.CO.ID — Kerja keras Pemkot Kendari dalam mencegah potensi perilaku korupsi membuahkan hasil. Berdasarkan catatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI yang tertuang dalam data Monitoring Center for Prevention (MCP), Pemkot telah mengoleksi poin 68,33. Capaian itu menempatkan pemkot di urutan tiga nasional pencegahan korupsi.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik capaian tersebut. Menurutnya, hasil yang ditorehkan merupakan buah kerja keras dan kerja sama dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki komitmen dan tekad yang kuat untuk tidak korupsi.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (pegang mike) dan wakilnya, dr Siska Karina Imran (tiga dari kanan) meminta komitmen jajarannya agar semakin masif mencegah praktek-praktek Suap Pungli
dan Gratifikasi (SPG).

“Tentu Kita Apresiasi capaianya, tetapi harus diingat bahwa ini adalah capaian sementara dan yang paling penting lagi adalah substansi capaianya harus benar- benar menggambarkan kinerja seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan bagian yang menjadi acuan atau indikator penilaian MCP,” kata Sulkarnain.

Terpisah Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, mengatakan, rangking ketiga progres capaian MCP secara nasional tersebut adalah buah kerja keras dan sinergi dari seluruh elemen di jajaran pemerintahan dan masyarakat Kota Kendari. “Di bawah kepemimpinan dan arahan dari Bapak Walikota, Ibu Wakil Walikota dan Ibu Sekda Kota Kendari, sehingga ritme dan harmonisasi kerja serta upaya-upaya pencegahan korupsi dilakukan secara terintegrasi dan terkoordinasi dengan baik,” kata Syarifuddin.

“Capaian itu juga tak lepas atas dukungan dan pembinaan dari pihak eksternal, terkhusus Direktorat Korsup Wilayah IV KPK RI, Inspektorat Jenderal Kemendagri, Perwakilan BPK Sultra, BPKP Perwakilan Sultrara, Inspektorat Sultra, Ombudsman Perwakilan Sultra, termasuk koordinasi dengan jajaran Aparat Penegak Hukum di wilayah Kota Kendari, serta stakeholder terkait lainnya,” tambahnya.

Ia berharap apa yang telah dicapai Pemkot saat ini agar dapat terus dipertahankan secara konsisten, semangat dan sinergitas. “Kami selaku APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) sangat berharap agar apa yg telah dilakukan saat ini terus dipertahankan secara konsisten dan penuh semangat serta sinergitas diantara semua pihak. Partisipasi masyarakat luas untuk turut serta mengawasi dan mendorong segala upaya langkah dan aksi pencegahan korupsi guna terwujudnya Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni berbasis Ekologi (lingkungan), Informasi dan Teknologi,” ungkap Syarifuddin. (b/ags)

Indikator MCP KPK
-Perencanaan dan Penganggaran APBD
-Pengadaan Barang dan Jasa
-Perizinan (Pelayanan Terpadu Satu Pintu)
-Aparat Pengawasan Intern Pemerintah
-Manajemen ASN
-Optimalisasi Pajak Daerah
-Manajemen Aset Daerah