Roni Muhtar

KENDARIPOS.CO.ID– Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau mendukung penuh pendirian kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) di daerah itu. Pemkot bahkan menyediakan lahan sebagai lokasi pembangunan dan menghibahkannya.”Tadi sudah dilakukan hibah tanah dari Kota Baubau kepada BNN Kota Baubau dengan luas sekira 5.000 meter persegi.

Sertifikatnya sudah diserahkan sekaligus. Jadi aset negara yang dikelola Pemkot sekarang dialihkan kepada BNN,” kata Sekretaris Kota (Sekot) Baubau, Roni Muhtar saat ditemui, Kamis (16/9).

“Jenderal” ASN Kota Baubau itu menegaskan, pihaknya berkomitmen mendukung pemberantasan Narkoba dan memberikan hibah tanah kepada BNN agar bisa lebih memaksimalkan kinerja. “Semoga pembangunan (kantor BNN) dilakukan secepatnya,” harap Roni Muhtar. Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Baubau itu menambahkan, selain mendukung pembangunan Kantor BBN, Pemkot Baubau juga telah menggagas lima kelurahan sebagai wilayah bebas Narkoba.

“Yang pasti Pemkot Baubau berkomitmen agar Baubau terbebas dari peredaran dan penyalahgunaan Narkoba. Makanya kita mulai dari pilot project di lima wilayah sebagai kelurahan bebas Narkoba. Kita juga akan perluas jangkauanya di kelurahan lain nanti,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Baubau, Alamsyah Djufri, berterima kasih atas hibah tanah yang dilakukan Pemkot Baubau. Selanjutnya akan dilakukan persiapan untuk percepatan pembangunan kantor. “Lokasi tanahnya ada di Jalan Palagimata, Kelurahan Lipu. Minggu depan kita akan ajukan pemecahan sertifikat tanah.

Selanjutnya juga mengajukan permohonan anggaran ke BNN Pusat untuk biaya pembangunan kantor. Untuk anggaran, rata-rata estimasi kebutuhan dana pembangunan kantor BNN di daerah bisa sampai Rp 4 miliar,” tutupnya. (c/ahi)