Pemkab Usul 28 Titik Pamsimas

H. M. Kasim Pagala

KENDARIPOS.CO.ID– Peningkatan infrastuktur dasar di tanah Oheo, tetap diupayakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut). Melalui forum rapat kerja nasional (Rakernas) yang diselenggarakan di Yogjakarta baru-baru ini dan dihadiri pihak Kementerian Dalam Negeri, Pemkab Konut mengusulkan 28 titik penyedia air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsismas) kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Usulan tersebut disuarakan langsung Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konut, H. M. Kasim Pagala dalam kegiatan yang juga dihadiri 71 Sekretaris Daerah dan Ketua DPRD se-Indonesia. Saat itu Kasim Pagala menjabarkan teritorial Konut terbagi dua wilayah, yakni daratan dan kepulauan. Titik fokus yang disuarakan adalah Kecamatan Lasolo Kepulauan agar bisa mendapatkan sarana air bersih dan sanitasi.

“Langkah ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab Konut dalam mengusulkan air bersih dan sanitasi. Terkhusus di Lasolo Kepulauan. Karena di wilayah kepulauan tidak memiliki sumber mata air yang baik. Seperti di Desa Labengki. Usulan ini mendapat respon baik sehingga melahirkan peluang baru dalam penanganan air bersih dan sanitasi,” kata Kasim Pagala, Selasa (21/9). Ia mengaku, usulan tersebut akan ditindaklanjuti pihak Kemetenrian PUPR untuk dapat direalisasikan pada tahun 2021.

Kasim Pagala menegaskan, persoalan air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang memiliki kaitan erat pada tumbuh kembang generasi muda. Itu juga sangat relevan dengan pencegahan stunting yang menjadi program Pemerintah Pusat. “Dengan tersedianya air bersih, akan mengatasi stunting yang dapat berdampak pada gizi buruk. Kemudian persoalan sanitasi juga menjadi perhatian pemerintah dalam penataan sarananya. Ini yang kita fokuskan agar mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat,” pungkasnya. (c/min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *