Pemkab Belajar Budi Daya Porang di Madiun – Kendari Pos
Konawe Selatan

Pemkab Belajar Budi Daya Porang di Madiun

DOK. PEMKAB KONSEL FOR KENDARI POS
BUDI DAYA PORANG : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kedua dari kiri) saat mengunjungi salah satu pabrik pengolahan tanaman porang di Madiun.

KENDARIPOS.CO.ID– Pengembangan budi daya tanaman porang sedang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel). Untuk mewujudkan program tersebut, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga melakukan studi banding di Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur, sejak awal pekan ini. Daerah tersebut dikenal sebagai pusat pengolahan tanaman porang yang telah mengantongi sertifikasi dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Surunuddin didampingi Kadis Pertanian dan Hortikultura, Hidayatullah, Camat Kolono, Muh. Taufik Amin Lar dan Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Konsel, Samsu serta Kades Ulunese, Zainuddin. Rombongan tersebut diterima langsung Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami Ragil Saputro. Diakui Bupati Madiun, porang merupakan tanaman yang tumbuh subur di otoritanya dan sumber benih telah mendapat sertifikasi dari Kementan.

“Pengembangan porang dilakukan dengan sistem perhutanan sosial, bekerja sama dengan Perhutani, KUR dari Perbankan. Pemkab Madiun bertindak selaku pembina dan penjamin kredit,” jelasnya, Selasa (14/9). Kelompok Tani yang mau bekerja sama dan mematuhi anjuran Pemkab Madiun, diberikan SK khusus dan selalu difasilitasi bantuan. “Menanam porang sangat berpotensi meningkatkan kesejahteraan dan tidak ada ruginya. Jika diperlukan, Pemkab Madiun siap memberi pendampingan teknis ke Konawe Selatan,” tandas H. Ahmad.

Sementara itu, Surunuddin Dangga mengaku, banyak minat dan usulan masyarakat Konsel terkait budi daya porang yang bernilai ekonomis tinggi. “Juga anjuran dari Departemen Pertanian tentang gerakan ekspor komoditas andalan. Makanya kami ingin coba kembangkan tanaman ini di daerah,” ungkapnya, kemarin. Mantan Ketua DPRD Konsel itu melihat, kondisi agraris cocok dan ketersediaan lahan luas, sehingga perlu dilakukan integrasi farming antara budi daya porang dengan tanaman tahunan lainnya.

“Saya pimpin langsung kunjungan ini agar pengambilan kebijakan tentang budi daya porang tepat sasaran dan berhasil demi mendorong peningkatan pendapatan petani untuk mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat yang masyarakatnya unggul serta sejahtera,” ungkap Surunuddin.

Dalam kunjungannya itu, mereka meninjau langsung lokasi budi daya porang di Desa Sumberbendo, Kecamatan Sardan, selanjutnya melihat pabrik Asia Prima Konjac di Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun. “Semoga ilmu yang kita dapat bisa diterapkan dan mendorong sistem pertanian serta penguatan ketersediaan pangan di daerah,” harapnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy