Pemdes dan BPD Harus Bersinergi – Kendari Pos
Konawe

Pemdes dan BPD Harus Bersinergi

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe, Keni Yuga Permana

KENDARIPOS.CO.ID– Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus berjalan beriringan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang diamanahkan undang-undang. Sinergi yang terjalin antara Pemdes dan BPD dianggap sangat krusial dalam menentukan keberhasilan pembangunan disetiap desa. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe, Keni Yuga Permana, mengatakan, Pemdes memiliki kewenangan berbeda dengan BPD.

Pemdes bertindak sebagai eksekutif dan BPD menjadi parlemen di level desa. Keduanya menjalin hubungan kemitraan dalam menyukseskan pembangunan. “BPD mempunyai tugas konsultatif dengan kepala desa (Kades) untuk merumuskan dan menetapkan kebijakan pembangunan. Jadi antara Kades dan BPD harus bekerja sama dan saling bersinergi,” ujar Keni Yuga Permana, Senin (27/9).

Ia meminta Pemdes maupun BPD harus memahami kapasitas dan kewenangan masing-masing. Katanya, Kades dan BPD memiliki kedudukan yang setara, maka keduanya harus sinkron. Tak boleh saling menjatuhkan, serta mengingatkan jika terjadi kekeliruan dalam pelaksanaan pemerintahan di desa. Salah satu bentuk sinergi antara BPD dengan Pemdes yakni berkaitan dengan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) dan rencana anggaran biaya (RAB).

“Seringkali ditemukan adanya perbedaan pendapat antara Pemdes dan BPD dalam menyusun dua syarat pokok pencairan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tersebut. Namun saya yakin jika ada komunikasi yang baik, risiko konflik sangat kecil kemungkinan. Untuk itu, pahami peran dan kewenangan masing-masing pihak, jangan melampaui kewenangan pihak lainnya,” ungkap mantan Camat Anggalomoare itu. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy