-Pengerjaan Jalan Kendari-Toronipa II

KENDARIPOS.CO.ID — Pengerjaan jalan Wisata Kendari-Toronipa terus dikebut. Hingga kini, progres mega proyek Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) telah di atas 55 persen. Sesuai kontrak, proyek ini akan dirampungkan tahun 2022 mendatang. Apalagi proses pembebasan lahan telah dituntaskan.

Pembangunan Jalan Kendari-Toronipa on progres. Akses jalan ini akan membuka ruang konektivitas dengan wisata lain di Sultra.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, J. Robert Maturbongs mengatakan pembangunan jalan Kendari-Toronipa masih on progres. Secara umum, pembukaan jalan hampir rampung. Hanya beberapa titik yang masih tahap pengerjaan yakni jalur Mata-Pantai Mayaria (depan Lanal Kendari).

“Alhamdulillah, progresnya cukup positif. Masih ada pembukaan jalan, namun tinggal sedikit. Kurang lebih satu kilometer (km). Saya rasa ini bakal cepat selesai. Di sisi lain, pembebasan lahan kini telah tuntas seluruhnya dan tak ada lagi masalah,” kata J. Robert Maturbongs saat dikonfirmasi Kendari Pos kemarin.

Diakuinya, pekerjaan konstruksi di lapangan cukup memakan waktu. Mulai dari pembukaan jalan, pemasangan tiang pancang dan pengerjaan jalan beton. “Untuk beton jalanya sendiri, tidak terlalu ribet sebab akses sudah bagus. Kita tetap berharap ini bakal selesai sesuai target pada Februari 2022,” ujarnya.

Dari Rp 756 miliar total anggaran pembangunan jalan Kendari-Toronipa tahap II, baru sekitar Rp 228 miliar yang dicairkan. Rinciannya, Rp 133 miliar dikucurkan tahun 2020 dan baru Rp 175 miliar tahun ini. Sesuai target pencairan, sekitar Rp 491 miliar yang akan dicairkan tahun ini.

“Jadi, masih ada selisih anggaran yang harus dicairkan senilai Rp. 316 miliar. Kita berharap ini segera terealisasi sebelum akhir tahun. Insya Allah, ini bakal tuntas sesuai target yang ada,” jelasnya. (b/rah)

Jalan Kendari-Toronipa Tahap II
-Masa Kontrak Hingga Februari 2022
-Anggaran Rp 756 Miliar
2020 Rp 133 Miliar
2021 Rp 419 Miliar (Baru Rp 175 Miliar Cair)
2022 Rp 151 Miliar
-Panjang Jalan 11 Kilometer
-Progres Pengerjaan 55 Persen