Peduli Masyarakat, Bupati Tafdil Hadirkan Listrik Hingga Pelosok

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat yang ada di Pulau Masaloka Raya kini bisa tersenyum semringah. Pulau yang dihuni sekira 770 rumah tangga ini tidak akan mengalami krisis listrik lagi. Sebab, Bupati Bombana, H. Tafdil secara resmi melakukan penandatanganan nota kesepahaman dan serah terima operasi (STO) jaringan listrik antara Pemkab Bombana dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselbar, Kamis (9/9). Melalui penandatangan nota kesepahaman ini, masyarakat yang ada di pulau tersebut sudah bisa menikmati penerangan listrik dari PLN selama 24 jam.

Penyerahan cenderamata dari Bupati Bombana, Tafdil ke GM PT PLN Wilayah Sulselbar

Bupati Bombana, H. Tafdil mengungkapkan, menghadirkan listrik di seluruh wilayah di Kabupaten Bombana menjadi salah satu prioritasnya. Terlebih lagi, saat ini listrik merupakan kebutuhan dasar yang mendukung aktivitas warga seharihari. Bagi warga yang ada di perkotaan, ketersediaan listrik merupakan hal yang mudah diperoleh. Namun, hal ini berbeda bagi warga yang ada di Pulau Masaloka Raya. Bagi mereka, selama ini listrik adalah barang langka dan mewah. “Perjuangan untuk menghadirkan listrik di Pulau Masaloka bukan hal mudah. Beberapa kendala kita lalui, untuk menerangi Pulau Masaloka Raya dengan listrik. Untuk itu, selaku kepala daerah, saya mengucapkan terima kasih kepada PT PLN Persero yang sudah mengaliri listrik di Pulau Masaloka,” kata Bupati dua periode tersebut.

Suami Hj. Andi Nirwana Sebbu ini berharap, PLN juga bisa mengebut penambahan mesin pembangkit untuk Pulau Kabaena. Sehingga, warga yang ada di pulau tersebut bisa merasakan aliran listrik selama 24 jam. Diakuinya, selama ini masyarakat Kabaena belum secara maksimal menikmati listrik PLN. Sebab, ada batas waktu menyala. “Listrik di Pulau Kabaena mulai menyala pukul 15.00 Wita dan padam pada pukul 06. 00 Wita. Adanya batasan ini, membuat aktivitas warga sehari-hari terganggu,” jelasnya.

Penandatanganan MOU

Sementara itu, General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulselbar, Awaluddin Hafid mengungkapkan, hadirnya listrik di Pulau Masaloka merupakan buah kerja keras Pemkab khususnya, Bupati Bombana, H. Tafdil yang memberikan dukungan kepada PLN untuk memberikan penerangan hingga ke pelosok pulau. “Kami dari PLN mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama Pemkab Bombana yang telah membangun jaringan tegangan menegah sepanjang 2X271 ms dan dua unit tower yang bakal menjadi penghubung jaringan existing dengan jaringan PLN di Pulau Masaloka,” jelasnya kepada Kendari Pos.

Lanjut dia, setelah melakukan serah terima operasi (STO) dari Pemkab Bombana ke PLN, diharapkan bisa menghadirkan pasokan listrik yang handal dan ramah lingkungan bagi 770 rumah tangga di Pulau Masaloka. “Ini semua bisa terwujud karena dukungan dari Pemkab Bombana. Dengan hadirnya listrik di wilayah ini, masyarakat yang ada di Pulau Masaloka bisa meningkatkan taraf ekonomi dan pendidikan seluruh warganya,” pungkasnya. (idh/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *