La Ode Aeta

KENDARIPOS.CO.ID– Pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Buton saat ini sudah mencapai Rp 26 miliar lebih. Angka yang dicatat pihak Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) tersebut sudah menghampiri target yang ditetapkan bersama yakni Rp 29 miliar dalam kurun waktu Januari hingga Desember 2021.

Kepala Dispenda Kabupaten Buton, La Ode Aeta, mengatakan pihaknya sangat optimis jika PAD tahun ini akan kembali melampaui target seperti 2020 lalu.

“Bisa tercapai mudah-mudahan, karena sekarang sudah posisi Rp 26 miliar,” katanya, kemarin. Menurut Aeta, sumber PAD yang paling banyak berasal dari sektor hasil kekayaan daerah yang dipisahkan dan sumber lain yang sah. Sementara pajak dan retribusi daerah belum cukup maksimal. Itu sebagai efek dari pergerakan ekonomi yang melambat akibat pandemi Covid-19.

“Kita terus mendorong agar lebih maksimal lagi, baik itu pajak maupun retribusi. Saya pikir musim wabah seperti ini memang mempengaruhi pendapatan kita,” sambungnya. Pada akhir tahun, ia memprediksi PAD masih akan terus mengalami peningkatan. (c/lyn)