ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
GELOMBANG TINGGI : Beberapa kapal belum beroperasi sejak tanggal 7 September hingga kini karena cuaca buruk.

– Gelombang Laut Capai Empat Meter
KENDARIPOS.CO.ID– Seluruh operator dan nakhoda kapal yang beroperasi di wilayah Pelabuhan Panggulubelo, Terminal Wanci dan Numana, diminta tak melaksanakan operasional saat cuaca buruk. Imbauan tersebut dikeluarkan pihak Kantor Unit Penyelengara Pelabuhan (UPP) Kelas III Wanci, menindaklanjuti informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk perkiraan cuaca, dari tanggal 7-10 September 2021.

Kantor UPP Wanci sebagai instansi yang mendapat amanah undang-undang dalam menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran, telah mengeluarkan maklumat terkait peringatan dini BMKG itu. “Oleh karena itu, diimbau seluruh pengguna dan penyedia jasa pelayaran baik operator, nakhoda maupun nelayan, agar selalu mewaspadai dan memperhatikan cuaca. Jika perlu menunda pelayaran apabila diperlukan,” ungkap Kepala Kantor UPP Kelas III Wanci, Arman Saleh, Kamis (9/9).
Pola angin umumnya dari Timur Laut sampai Barat Laut dengan kecepatan tertinggi terpantau di wilayah perairan Wakatobi dan sekitar Sulawesi Tenggara. Tinggi gelombang 2,5 meter hingga 4 meter berpeluang terjadi di perairan utara Wakatobi bagian Barat, perairan Selatan Wakatobi bagian Barat, perairan Selatan Wakatobi bagian Timur dan Laut Banda Timur Sultra bagian Timur, serta Laut Banda Sultra bagian Selatan. (c/thy)